TPA Sukosari Overload, Pemkab Karanganyar Akan Menutupnya Segera

- Kamis, 26 Mei 2022 | 15:06 WIB
Sebuah truk pengangkut sampah sedang bongkar muatan, dibantu dengan backhoe yang beroperasi di TPA Sukosari. (SMSolo/Irfan Salafudin) (SMSolo/Irfan Salafudin)
Sebuah truk pengangkut sampah sedang bongkar muatan, dibantu dengan backhoe yang beroperasi di TPA Sukosari. (SMSolo/Irfan Salafudin) (SMSolo/Irfan Salafudin)

KARANGANYAR, suaramerdeka-solo.com - Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sukosari di Desa Sukosari, Kecamatan Jumantono akan segera ditutup.

Pasalnya, tempat pembuangan sampah warga Karanganyar itu telah overload.

Pemkab Karanganyar sedang menyiapkan lahan di sekitar TPA, yang saat ini sedang dalam tahap penilaian oleh tim appraisal, untuk penanganan sampah lebih lanjut.

Baca Juga: Sah! Adik Presiden Jokowi, Idayati dan Ketua MK Anwar Usman Kini Berstatus Suami Istri

Bupati Karanganyar Juliyatmono mengatakan, overload-nya TPA Sukosari karena sampah yang dibuang di TPA tidak bisa dihancurkan dalam waktu singkat.

"Makanya, sampah dari TPA Sukosari nanti ditimbun. Kemudian sisa sampah yang ada, akan dikelola dengan memakai mesin buatan China. Mesin ini bantuan cuma-cuma melalui kerjasama dengan sebuah perguruan tinggi di Jakarta. Mesinnya sudah siap dioperasikan," katanya.

Baca Juga: Ngaku TNI Jual Senjata Api Lewat Medsos, Warga Sukoharjo Ditangkap Polres Klaten

Dari pantauan di lokasi, tumpukan sampah di TPA Sukosari mencapai 10 meteran. Sampah di TPA tersebut berasal dari seluruh wilayah Karanganyar.

Truk pengangkut sampah dari berbagai lokasi, harus antre untuk membongkar muatan di TPA tersebut.

Salah satu petugas di TPA mengatakan, dalam sehari ada 50-an truk pengangkut sampah yang bongkar muatan di TPA. Sampah itu diangkut dari berbagai wilayah se-Karanganyar. **

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X