Layanan BST Diusulkan Sampai Karanganyar. Rutenya Terminal Tirtonadi-Karangpandan PP

- Kamis, 26 Mei 2022 | 18:30 WIB
Bus Batik Solo Trans (BST) diusulkan melintas hingga Kabupaten Karangpandan Karanganyar.  (SMSolo/Agustinus Ariawan)
Bus Batik Solo Trans (BST) diusulkan melintas hingga Kabupaten Karangpandan Karanganyar. (SMSolo/Agustinus Ariawan)

KARANGANYAR, suaramerdeka-solo.com - Pemkab Karanganyar mengusulkan agar jangkauan layanan transportasi umum Batik Solo Trans (BST) diperluas hingga wilayah Karanganyar.

Usulan koridor BST di wilayah Karanganyar adalah Terminal Tirtonadi-Karangpandan PP. Sebanyak 20 armada diusulkan untuk melayani rute tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Karanganyar Sri Suboko mengatakan, permohonan layanan BST di Karanganyar itu sudah disampaikan ke Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Jateng.

Baca Juga: Kecelakaan Karambol Terjadi di Alas Roban Melibatkan 4 Truk, 1 Tewas

"Dalam permohonan itu, kami sertakan pula analisa yang mendasari perlunya layanan BST di Karanganyar. Mulai dari rute koridor, lokasi halte, jumlah armada yang dibutuhkan, load factor, sampai time table antar armada," katanya.

Menurut Suboko, ada puluhan halte yang dibutuhkan jika usulan tersebut disetujui. Sebanyak 20 armada, diperkirakan cukup untuk melayani penumpang di koridor Terminal Tirtonadi-Karangpandan PP.

Baca Juga: Pengumuman! Mulai Besok Pagi, Seluruh Pasar Hewan di Boyolali Ditutup

Namun dalam usulan tersebut, belum dibahas tentang teknis pembayaran tarif bus, maupun kontribusi dari Pemkab Karanganyar untuk operasional.

"Yang jelas, layanan BST di Karanganyar ini akan mendukung pariwisata. Selain juga mendorong masyarakat untuk menggunakan transportasi umum, untuk mengurangi kepadatan lalu lintas," ujarnya.

Baca Juga: TPA Sukosari Overload, Pemkab Karanganyar Akan Menutupnya Segera

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X