Tinggi Muka Air Diatas 136 Meter, Waduk Gajahmungkur Wonogiri Siaga Kuning

- Kamis, 2 Juni 2022 | 20:10 WIB
Spillway atau pintu air Waduk Gajahmungkur Kabupaten Wonogiri dibuka, Kamis (2/6). (SM/Khalid Yogi) (SMSolo/Khalid Yogi)
Spillway atau pintu air Waduk Gajahmungkur Kabupaten Wonogiri dibuka, Kamis (2/6). (SM/Khalid Yogi) (SMSolo/Khalid Yogi)

WONOGIRI, suaramerdeka-solo.com - Tinggi muka air (elevasi) Waduk Gajahmungkur, Kabupaten Wonogiri berada di atas 136 meter dari permukaan laut (dpl).

Alhasil, elevasi waduk tersebut berada pada level siaga kuning. Untuk itu, Perum Jasa Tirta (PJT) membuka pintu air atau spillway untuk mengurangi volume air Waduk Gajahmungkur.

Kepala pelaksana harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri Bambang Haryanto mengungkapkan, pihaknya telah menerima surat rencana pembukaan pintu air Waduk Gajahmungkur dari Perum Jasa Tirta, Kamis (2/6).

Baca Juga: Tidak Hanya di Kota Solo, Empat CASN di Boyolali Juga Mundur

Surat yang ditandatangani kepala Divisi Jasa ASA III PJT I Setiyantono tersebut menyatakan, level Siaga Kuning telah berlangsung sejak 27 Mei lalu.

Hal itu karena elevasi Waduk Gajahmungkur sudah di atas 136 meter dpl. Elevasi waduk masih dimungkinkan naik karena adanya hujan sehingga menambah inflow (air yang masuk) waduk tersebut.

Baca Juga: Ini PMK di Sragen. Tercatat 174 Kasus, 24 Ekor Sapi Mati

Oleh karenanya, PJT akan melakukan pengendalian tinggi muka air Waduk Gajahmungkur.

Yakni dengan cara menambah debit pengeluaran (outflow) melalui turbin Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Wonogiri dan pembukaan spillway.

Pada Kamis sore (2/6), spillway Waduk Gajahmungkur terlihat sudah dibuka dengan debit air yang dikeluarkan berkisar 20-50 m3 per detik.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Akademisi Diminta Berperan dalam Konservasi Air

Minggu, 5 Februari 2023 | 09:35 WIB

PKS Wonogiri Targetkan Enam Kursi dalam Pileg 2024

Kamis, 2 Februari 2023 | 07:27 WIB

Panen Raya Jagung di Bendungan Plumbon Wonogiri

Minggu, 29 Januari 2023 | 20:52 WIB

Polres Wonogiri Jalankan Gerakan Tiji Tibeh. Apa Itu?

Jumat, 27 Januari 2023 | 20:26 WIB
X