Terdampak Proyek Rel Layang, Pasar Joglo Solo Segera Dibongkar

- Rabu, 8 Juni 2022 | 20:25 WIB
Pasar Joglo segera dibongkar Pemkot Surakarta karena terdampak proyek pembangunan rel layang. (SMSolo/Agustinus Ariawan) (SMSolo/Agustinus Ariawan)
Pasar Joglo segera dibongkar Pemkot Surakarta karena terdampak proyek pembangunan rel layang. (SMSolo/Agustinus Ariawan) (SMSolo/Agustinus Ariawan)

SOLO, suaramerdeka-solo.com - Pembangunan rel layang (elevated railway) di simpang Joglo berdampak terhadap Pasar Joglo. Pasar itu harus dibongkar dan direlokasi, guna mendukung proyek tersebut.

“Setelah dihitung-hitung, ternyata lebih dari separuh lahan Pasar Joglo terdampak pembangunan rel layang. Makanya pasar itu tidak bisa dipertahankan lagi dan terpaksa dibongkar seluruhnya, karena nantinya hanya menyisakan sebagian kecil dari lahan pasar yang ada saat ini,” ungkap Kepala Dinas Perdagangan Surakarta, Heru Sunardi.

Baca Juga: Awas, Calo Tiket Pendakian Merbabu. Tarif Resmi Rp 15 Ribu Dijual Rp 200 Ribu. Begini Modusnya

Saat ini, kata Heru, Pasar Joglo seluas seribuan meter persegi itu digunakan sebagai tempat mengais rezeki oleh 120 pedagang.

Sosialisasi pengosongan Pasar Joglo, kata Heru, sudah disampaikan Pemkot kepada para pedagang jauh-jauh hari.

“Semula pengosongan pasar akan dilakukan usai Lebaran kemarin. Namun karena beberapa pertimbangan dan pematangan perencanaan, maka pemindahan pedagang baru dilakukan beberapa waktu ke depan.”

Baca Juga: Nekat Jualan di Tempat Terlarang, Gerobag PKL Disita Satpol PP Boyolali

Rencana penempatan pedagang di lokasi darurat pun berubah.

“Awalnya pedagang akan kami tempatkan di sejumlah pasar tradisional lainnya. Namun setelah mematangkan komunikasi dan menyesuaikan keinginan pedagang, maka mereka akan dijadikan satu di pasar darurat. Lokasinya di kawasan Banalaya,” beber Heru.

Baca Juga: Hilang Sebulan Lebih, Warga Jatipurno, Wonogiri Diduga Diculik

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pospenas Solo, Banyak Siswa Antusias Ikut Lomba Pidato

Jumat, 25 November 2022 | 10:10 WIB

Begini Kronologi Adu Jotos Peserta Munas Hipmi di Solo

Selasa, 22 November 2022 | 15:11 WIB

Memalukan! Peserta Munas Hipmi di Solo Adu Jotos

Selasa, 22 November 2022 | 09:27 WIB
X