Covid-19 Masih Ada, 9 Calon Jemaah Haji Klaten Positif Covid-19

- Kamis, 9 Juni 2022 | 22:05 WIB
Sembilan calon jemaah haji asal Klaten dinyatakan positif COvid-19 dan harus dikarantina lima hari. (SMSolo/Merawati Sunantri)
Sembilan calon jemaah haji asal Klaten dinyatakan positif COvid-19 dan harus dikarantina lima hari. (SMSolo/Merawati Sunantri)

KLATEN, suaramerdeka-solo.com – Sebanyak 493 calon jamaah haji Kabupaten Klaten yang akan diberangkatkan ke tanah suci, harus menjalani tes PCR.

Hasilnya, dari 96 orang yang sudah keluar hasil tesnya, 9 orang dinyatakan positif covid-19. Untuk itu, jamaah haji yang positif harus menjalani isolasi mandiri selama 5 hari, sebelum dites PCR ulang.

"Salah satu syarat berangkat ke tanah suci adalah lolos tes PCR. Hingga kemarin sore yang keluar hasilnya baru 96 orang, dan ada 9 yang positif covid-19. Mereka harus isolasi mandiri 5 hari, kemudian akan di-PCR lagi," kata Bupati Sri Mulyani pada acara Pamitan Haji di Pendapa Pemkab Klaten, Kamis (9/6/22).

Baca Juga: Jejak Khilafatul Muslimin juga Ditemukan di Klaten, Polres Klaten Geledah 6 Lokasi

Bupati minta Dinas Kesehatan melakukan percepatan agar hasil tes PCR 397 orang lainnya bisa segera keluar.

Bila dapat segera diketahui, maka persiapan akan lebih cepat. Diharapkan semuanya negatif.

"Panggilan haji adalah rejeki, tinggal besok berangkat ternyata ada ujian sehingga harus menjalani isolasi. Semoga dalam 5 hari bisa negatif sehingga bisa menyusul. Saya yakin, mukjizat Allah itu nyata ada,’’ kata Bupati.

Baca Juga: Rumah Warga Jatipurno, Wonogiri yang Hilang Dijaga Warga

Bupati sudah minta kepada Kepala Dinas Kesehatan untuk mengupayakan agar hasil PCR bisa segera keluar. Dinkes diminta segera bekerja sama dengan RS Soeradji Tirtonegoro untuk percepatan tes PCR.

"Sebenarnya, Dinkes Klaten mempunyai alat tes PCR, tapi kapasitasnya maksimal hanya 100 orang sehari. Kalau bisa malam ini selesai Pak Kepala Dinkes, agar bisa segera diinformasikan kepada jamaah,’’ tegas Bupati.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

4.000 Santri Klaten Ikuti Munaqosyah. Apa Itu?

Selasa, 29 November 2022 | 05:25 WIB
X