Khilafatul Muslimin di Klaten Membawahi Solo Raya, DIY dan Kudus, Diintai Sejak 2019  

- Jumat, 10 Juni 2022 | 19:14 WIB
 I (26), Amir atau pimpinan Khilafatul Muslimin Wilayah Jawa Tengah, dan S (52) sebagai Amir Ummul Quro atau pimpinan cabang Klaten, ditangkap Polres Klaten. (SMSolo/Mera S)
I (26), Amir atau pimpinan Khilafatul Muslimin Wilayah Jawa Tengah, dan S (52) sebagai Amir Ummul Quro atau pimpinan cabang Klaten, ditangkap Polres Klaten. (SMSolo/Mera S)

 

KLATEN, suaramerdeka-solo.com – Kantor Khilafatul Muslimin Wilayah Jawa Tengah yang berada di Desa Belangwetan, Kecamatan Klaten Utara, Klaten ternyata membawahi wilayah Solo Raya, DIY dan Kudus.

Keberadaan dan Gerakan kelompok Khilafatul Muslim di Kabupaten Klaten sudah diketahui dan diamati secara intensif oleh aparat Polres Klaten, sejak tahun 2019 silam. Namun waktu itu belum ada gerakan mencurigakan.

"Sebenarnya bukan baru belakangan ini saja, kelompok Khilafatul Muslimin menjadi perhatian Polres Klaten, tapi sudah diamati sejak tahun 2019,’’ kata Kapolres Klaten AKBP Eko Prasetyo kepada wartawan di Mapolres Klaten, Jumat (10/6/22).

Baca Juga: Pembangunan Masjid Sriwedari Solo Tersendat, Opsi Pembiayaan dari APBD Dikaji

Namun, baru pada 29 Mei 2022, dua tersangka yang merupakan pimpinan Khilafatul Muslimin Jawa Tengah dan Pimpinan Cabang Klaten ditangkap.
Penangkapan dilakukan setelah kelompok itu menggelar konvoi syiar dengan menyebarkan selebaran.

Isi selebarannya semacam ajakan untuk menjadi anggota kelompok dengan berbagai keuntungan yang ditawarkan.

Baca Juga: Mantan Bupati Banjarnegara Divonis 8 Tahun Penjara

Beberapa acuan yang dikutip pun diduga tidak utuh sehingga bisa menyebabkan pemahaman yang keliru.

"Di Solo Raya yang terungkap baru di Klaten dan Sukoharjo. Kantornya yang ada di Belangwetan, Klaten merupakan kantor wilayah Jawa Tengah yang membawahi wilayah Solo Raya, DIY dan Kudus," kata Kasat Reskrim Polres Klaten AKP Guruh Bagus Eddy Suryana.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Raker PMI Klaten 2023 Targetkan 25.000 Kantong Darah

Kamis, 26 Januari 2023 | 12:37 WIB
X