140 Kasus Pernikahan Anak di Bawah Umur Terjadi di Solo Selama 2021

- Selasa, 14 Juni 2022 | 07:28 WIB
Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Surakarta, Purwanti.  (SMSolo/dok Humas Pemkot Surakarta)
Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Surakarta, Purwanti. (SMSolo/dok Humas Pemkot Surakarta)

SOLO, suaramerdeka-solo.com - Maraknya pernikahan anak di bawah umur di Solo menjadi perhatian Pemkot Surakarta.

Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Surakarta mencatat, sepanjang 2021 terjadi 140 pernikahan anak di bawah umur di Solo.

Kepala DP3APPKB Purwanti mengatakan, pernikahan anak di bawah umur itu ditengarai dipicu kurangnya pengawasan orang tua terhadap buah hati mereka.

Baca Juga: Pengusaha Kuliner di Solo Cabuli Anak di Bawah Umur. Modusnya, Dijanjikan Biaya Sekolah

“Apalagi selama pandemi anak-anak cenderung belajar dari rumah. Ini membuat mereka kurang mendapat pengawasan orang tua,” katanya dalam pengukuhan pengurus Forum Anak Surakarta (FAS) periode 2022-2024 di Balai Kota, Senin (13/6/2022).

Faktor penyebab pernikahan anak di bawah umur lainnya adalah ekonomi.

Kasus pernikahan anak di bawah umur itu, kata Purwanti, perlu segera dicari solusinya. Apalagi pernikahan anak di bawah umur sudah terjadi jauh sebelum pandemi.

Baca Juga: Terapkan Jurus Bujuk Rayu, Guru Beladiri Renggut Kesucian Sang Murid yang Masih di Bawah Umur

“Kami sudah berupaya mencegah pernikahan di usia anak, termasuk konseling kepada orang tua. Salah satunya dengan kampanye pendewasaan usia pernikahan,” jelas Purwanti.

Dari hasil pendalaman DP3APPKB, kasus pernikahan anak di bawah umur rata-rata dialami anak dengan kondisi keluarga yang tidak utuh.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Diterjang Arus Bengawan Solo, Jembatan Sesek Hanyut

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 10:25 WIB

Abipraya Arena Diluncurkan, Jadi Area Esport Jateng

Minggu, 25 September 2022 | 17:17 WIB
X