Pasar Hewan di Wonogiri Dibuka Lagi

- Senin, 20 Juni 2022 | 18:20 WIB
Seorang petugas menyemprotkan desinfektan di Pasar Hewan Giriwoyo, Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri, baru-baru ini. (SM/Khalid Yogi) (SMSolo/Khalid Yogi)
Seorang petugas menyemprotkan desinfektan di Pasar Hewan Giriwoyo, Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri, baru-baru ini. (SM/Khalid Yogi) (SMSolo/Khalid Yogi)

WONOGIRI, suaramerdeka-solo.com - Pemkab Wonogiri akhirnya mengambil kebijakan untuk membuka kembali pasar-pasar hewan, mulai Selasa (21/6).
Sebelumnya, seluruh pasar hewan di kabupaten tersebut sempat ditutup selama empat pekan karena adanya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Bupati Wonogiri Joko 'Jekek' Sutopo mengatakan, menurutnya perlu ada strategi baru untuk mengatasi wabah PMK tersebut. Adapun kebijakan menutup pasar hewan dianggap kurang maksimal dalam menurunkan kasus PMK.

"Mulai besok (Selasa, 21/6), pasar hewan sudah dibuka," katanya, Senin (20/6).

Baca Juga: PPDB Online Boyolali. Kuota 100 CPD Per Hari, Orang Tua Calon Siswa Was-was

Adapun pengendalian PMK dilakukan dengan memperketat pengawasan perdagangan dan lalu lintas ternak.

"Kami ganti strategi. Proses pengawasan ketat dan penyemprotan desinfektan di pasar hewan menjadi langkah utama. Semua perangkat pendukungnya sudah kami siapkan," katanya.

Baca Juga: Usai dari Solo Gibran akan Maju Gubernur DKI?

Dia menerangkan, penutupan pasar hewan justru membuat penyebaran penyakit sulit dikendalikan. Pasalnya, para pelaku usaha peternakan sapi ternyata tetap menjalankan aktivitas perniagaan di luar pasar hewan.

Oleh karenanya, pasar hewan kembali dibuka agar transaksi jual-beli ternak lebih mudah diawasi dan dikontrol. Setiap ternak yang turun dari kendaraan langsung diperiksa petugas.

Sehingga, hanya ternak yang dinyatakan benar-benar sehat boleh masuk pasar. Sedangkan ternak yang diketahui mengalami gejala PMK tidak boleh masuk pasar dan harus segera dipisahkan. Ternak tersebut kemudian dikembalikan lagi ke daerah asal.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Puluhan Liter Ciu Diamankan Jajaran Polres Wonogiri

Rabu, 10 Agustus 2022 | 07:16 WIB

Sejarah Pengawas Wonogiri Diabadikan Lewat Buku

Selasa, 2 Agustus 2022 | 20:25 WIB

DPRD Wonogiri Menimba Ilmu ke Bandung dan Cimahi

Jumat, 29 Juli 2022 | 21:25 WIB
X