Kasus Dugaan Korupsi Dana Bumdes Berjo ke Penyidikan, Penetapan Tersangka Tunggu Pemeriksaan

- Selasa, 21 Juni 2022 | 18:47 WIB
Pengembangan objek wisata Telaga Madirda merupakan bagian yang dikelola Bumdes Berjo. (SMSolo/dok)
Pengembangan objek wisata Telaga Madirda merupakan bagian yang dikelola Bumdes Berjo. (SMSolo/dok)

KARANGANYAR, suaramerdeka-solo.com – Proses pengungkapan kasus dugaan korupsi dana Bumdes Desa Berjo, Ngargoyoso, Karanganyar, meningkat dari penyelidikan ke penyidikan.

Penanganan kasus itu berlangsung cukup panjang, dimulai tahap pengumpulan bahan keterangan, pemeriksaan sejumlah saksi, hingga perkara yang ditangani Kejari Karanganyar itu perlu ekspose di Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Tengah.

Usai dilakukan ekpose, Kejari Karanganyar akhirnya menaikkan proses penyelidikan ke penyidikan.

Baca Juga: Usut Dugaan Penyimpangan Dana Bumbes Berjo, Penyidik Periksa Anggota DPRD Karanganyar

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Karanganyar Mulyadi Sajaen, melalui Kasi Pidsus Tobagus Gilang Hidayatullah mengungkapkan, proses ekspose perkara di Kejati Jawa Tengah telah dilakukan tim penyidik, pekan lalu.

"Hasil ekspose, Kejati setuju dengan pendapat tim untuk selanjutnya kasus dinaikan ke tingkat penyidikan," ungkap Gilang.

Kendati demikian, penyidik Kejari Karanganyar belum menetapkan siapa yang menjadi tersangka dalam kasus itu.

Baca Juga: Dugaan Penyimpangan Dana Bumdes Berjo, Kejari Tunggu Hasil Audit Inspektorat

"Kami masih melakukan pemeriksaan terhadap saksi untuk menentukan, siapa tersangka dalam kasus dugaan korupsi tersebut," tandasnya.

Terkait hasil temuan dari Inspektorat yang saat ini masih melakukan proses penghitungan kerugian negara, Kasipidsus menjelaskan, hasil dari temuan itu nanti akan dijadikan sebagai salah satu alat bukti.

Di sisi lain, perwakilan masyarakat Desa Berjo, Senin (20/6/2022) siang, mendatangi kantor Inspektorat untuk mempertanyakan hasil pemeriksaan yang dilakukan terhadap pengurus Bumdes Berjo.

Baca Juga: Dugaan Penyimpangan Dana Bumdes Berjo, Kades Berjo Diperiksa Penyidik Pidsus Kejari Karanganyar, 4 Jam

Mereka nekat mendatangi kantor tersebut, lantaran belum ada kabar mengenai jumlah kerugian negara dalam perkara tersebut.

"Kami mendapat informasi, beberapa pekan lalu Inspektorat melakukan pemeriksaan terhadap pengurus Bumdes, tetapi kenapa sampai sekarang belum ada hasilnya.

‘’Kalau nanti belum (kunjung) muncul hasil penghitungan kerugian negara, warga akan nekat datang bersama-sama ke Kantor Inspektorat," kata salah satu warga Berjo, Sularno, usai menyerahkan somasi ke kantor Inspektorat Senin (20/6/2022) siang.

Baca Juga: Penyelidikan Kasus Bumdes Berjo Masuk Tahap Akhir

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Inspektorat Karanganyar Sri Endah Yuni Astuti membenarkan adanya perwakilan masyarakat Desa Berjo yang datang ke kantornya.

Menurutnya, Inspektorat masih melakukan pemeriksaan sesuai dengan permintaan dari jaksa untuk melakukan investigasi.

Secara teknis belum selesai, karena ada beberapa hal yang masih dihitung.
Penghitungan tersebut melibatkan organisasi perangkat daerah (OPD) lain, khususnya dalam pemeriksaan hasil pembangunan yang bersumber dari dana Bumdes.**

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X