Alun-alun Klaten Direvitalisasi Senilai Rp 7 Miliar, Pedagang Pindah Lokasi

- Kamis, 23 Juni 2022 | 18:27 WIB
Jalur lambat dan jalan di samping alun-alun Klaten diportal untuk proses revitalisasi.  (SMSolo/Merawati Sunantri)
Jalur lambat dan jalan di samping alun-alun Klaten diportal untuk proses revitalisasi. (SMSolo/Merawati Sunantri)

KLATEN, suaramerdeka-solo.com – Revitalisasi alun-alun Klaten segera dimulai. Sejak akhir pekan lalu, kawasan alun-alun sudah dipasangi pagar bambu agar tak digunakan berjualan.

‘’Revitalisasi alun-alun segera dilakukan. Proses lelang sudah selesai, jadi alun-alun dikosongkan agar memudahkan pekerjaan revitalisasi,’’ kata PJ Sekda Klaten, Jajang Prihono.

Akibat penutupan itu, alun-alun Klaten menjadi sepi. Padahal biasanya selalu ramai aktivitas bermain anak-anak, pedagang dan masyarakat yang menghabiskan waktu sore hingga malam hari.

Baca Juga: Alun-alun Klaten Direvitalisasi Rp 9 Miliar, PKL Direlokasi ke Jalan Bali

Pendataan Dinas Perdagangan UMKM dan Koperasi Klaten mencatat, ada 132 pedagang yang biasa berjualan di seputar alun-alun. Selama revitalisasi, pedagang akan dipindahkan ke Jalan Bali.

‘’Semuanya sudah disiapkan, pedagang alun-alun akan dipindahkan ke Jalan Bali. Semuanya diatur agar tidak semaunya sendiri. Waktu berjualan juga dibatasi pukul 14.00-05.00 WIB,’’ ujar Jajang Prihono.

Sebagian pedagang mencari lokasi usaha sendiri. Beberapa di antara mereka menempati Jalan Mayor Kusmanto, karena merupakan kawasan yang diperbolehkan untuk PKL.

Baca Juga: Betul-betul Sepi. Begini Penampakan Alun-alun Klaten Saat PPKM Darurat

Ada pula yang berjualan tak jauh dari alun-alun, seperti di jalan sisi timur yang tidak ditutup. Saat ini, jalan di sisi selatan, utara dan jalur lambat di barat alun-alun ditutup pagar.

‘’Kawasan Jalan Mayor Kusmanto memang diperbolehkan untuk berjualan para PKL. Namun nantinya semua akan ditata, karena maksud revitalisasi agar kota Klaten semakin indah, bersih dan tertata,’’ tegas Pj Sekda.**

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

4.000 Santri Klaten Ikuti Munaqosyah. Apa Itu?

Selasa, 29 November 2022 | 05:25 WIB
X