Ternyata Domba Lebih Tahan PMK

- Jumat, 24 Juni 2022 | 21:15 WIB
Mulyoko (36) pemilik Sekar Mendho Farm memeriksa ternak domba morino di peternakannya Dusun Pare RT2 RW3 Desa Pare, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, Jumat (24/6). (SM/Khalid Yogi) (SMSolo/Khalid Yogi)
Mulyoko (36) pemilik Sekar Mendho Farm memeriksa ternak domba morino di peternakannya Dusun Pare RT2 RW3 Desa Pare, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, Jumat (24/6). (SM/Khalid Yogi) (SMSolo/Khalid Yogi)

WONOGIRI, suaramerdeka-solo.com - Ternak domba ternyata lebih tahan terhadap penyakit mulut dan kuku (PMK) dibandingkan dengan kambing maupun sapi.

Seperti yang dialami Mulyoko (36) pemilik Sekar Mendho Farm di Dusun Pare RT2 RW3 Desa Pare, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri.

Dari sekitar 2.500 domba yang dia pelihara, Yoko tidak menemukan adanya domba yang bergejala atau terindikasi PMK.

Baca Juga: Imbang Lawan Dewa United, Peluang Persis Solo Lolos Babak 8 Besar Piala Presiden 2022 Kandas?

"Saya ada sekitar 2.500 domba, sangat bersyukur tidak ada yang bergejala. Kambing juga punya sekitar 50 ekor juga masih aman. Mungkin karena performa kambingnya lebih kuat karena sudah dipelihara lama di kandang dan ruangannya dipisah," katanya, Jumat (24/6).

Hal itu juga dialami oleh rekan-rekannya sesama peternak kambing dan domba. Sebagian peternak tersebut memelihara domba, kambing dan sapi.

Baca Juga: Jelang Operasional Pertengahan Juli, Jalur KRL Balapan-Palur Diujicobakan

Ternak sapi dan kambing terinfeksi PMK, namun ternak domba jarang yang terjangkit penyakit tersebut.

"Teman-teman di Boyolali, Sragen dan sebagainya juga seperti itu. Biasanya sapi kena lebih dulu, lalu kambing. Tapi domba hampir tidak bergejala," ujarnya.

Walaupun domba lebih tahan terhadap serangan PMK, dia tetap mewaspadai. Yakni dengan melakukan sterilisasi dan pengawasan ketat domba yang masuk maupun keluar kandang.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Shaggy Dog Bakal Meriahkan Tahun Baru di Wonogiri

Senin, 28 November 2022 | 19:21 WIB

Desa Keloran Selogiri Gelar Simulasi Pilkades

Jumat, 25 November 2022 | 18:48 WIB
X