Kongres Sampah II 2022 di Prambanan Hasilkan Enam Rekomendasi

- Minggu, 26 Juni 2022 | 20:36 WIB
Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Jateng Peni Rahayu dan Prof Suratman melakukan penanaman pohon sebelum penutupan Kongres Sampah II. (SMSolo/Merawati Sunantri)
Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Jateng Peni Rahayu dan Prof Suratman melakukan penanaman pohon sebelum penutupan Kongres Sampah II. (SMSolo/Merawati Sunantri)

KLATEN, suaramerdeka-solo.com - Kongres Sampah II Tahun 2022 yang berlangsung di Desa Bugisan Kecamatan Prambanan, Klaten, Sabtu-Minggu (25-26/6/2022) menghasilkan enam butir rekomendasi.

Poin-poin tersebut akan disampaikan kepada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Keenam butir rekomendasi tersebut disusun tim perumus, berdasarkan masukan dan usul yang dilontarkan pada sidang komisi-komisi pada hari pertama Kongres Sampah II 2022.

Baca Juga: Kongres Sampah II Diharap Hasilkan Rekomendasi Diangkat Jadi Kebijakan Publik

Tim perumus terdiri atas Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Jateng, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Jawa Tengah, Kepala Biro Infrastruktur dan Sumber Daya Alam Setda Jateng, akademisi Prof Suratman MSc, Warsito Ellwein dan Agus Gunawan Wibisono.

Inti dari rekomendasi yang dibacakan Gunawan Wibisono antara lain, perubahan citra sampah menjadi bahan baku karya yang memiliki nilai seni dan ekonomi, perubahan perilaku terhadap sampah dengan 3 Ng yakni ngelongi, nganggo, ngolah.

Sistem kelola sampah dimulai dari keluarga untuk mewujudkan zero waste family, pengolahan sampah berbasis kawasan dan digitalisasi sampah.

Baca Juga: Pemkot Surakarta Siapkan Tempat Sampah Tambahan di Area CFD Solo

Desa Mandiri pengolahan sampah didukung Perdes pengelolaan sampah, BUMDes, Bank Sampah dan Satgas Sampah.

‘’Hal-hal yang perlu dilakukan adalah kerja pentahelix seluruh stakeholder, pemerintah pusat sampai daerah, regulasi, penegakkan hukum, dan akan dirumuskan indikator desa mandiri Kelola sampah,’’ kata Agus Gunawan Wibisono.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

DPRD Kaget, Ada 33 Desa Miskin Ekstrem di Klaten

Jumat, 12 Agustus 2022 | 14:46 WIB
X