IKA UNS Hibahkan Gamelan Raras Arrum ke PUI Javanologi, Apa Maknanya?

- Selasa, 28 Juni 2022 | 15:10 WIB
Sekjen Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UNS,  Bambang Dwi Wahyudi secara simbolis menyerahkan gamelan Raras Arrum pada Rektor UNS Prof Jamal Wiwoho. (SMSolo/dok)
Sekjen Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UNS, Bambang Dwi Wahyudi secara simbolis menyerahkan gamelan Raras Arrum pada Rektor UNS Prof Jamal Wiwoho. (SMSolo/dok)

SOLO, suaramerdeka-solo.com - Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta memberikan hibah kepada Pusat Unggulan Iptek (PUI) Javanologi UNS berupa Gamelan Raras Arrum.

Serah terima Gamelan Raras Arrum secara simbolis ini berlangsung di Pendhapa Yasadipura, Gedung Javanologi UNS, dalam acara Malam Gelar Kesenian “Gora Monggang”.

Dalam sambutannya, Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho turut mengucapkan rasa terima kasihnya kepada IKA UNS atas hibah Gamelan Raras Arrum.

Baca Juga: Beli Perlatilte dan Solar Harus Pakai Aplikasi MyPertamina

Rektor berharap seperangkat gamelan tersebut bisa dioptimalkan untuk menggerakkan nafas kesenian, budaya dan bisa digunakan kepada seluruh sivitas akademika UNS dengan baik.

Prof. Jamal menambahkan nama Raras Arrum terdiri dari dua kata. Raras yang berarti 'Nada atau harmoni yang indah dan nyaman didengar' dan Arrum yang berarti ‘wangi, harum yang mampu membangkitkan rasa cinta kasih sesama’.

Baca Juga: Saksi Kasus Cuitan Roy Suryo tentang Stupa Borobudur Mirip Presiden Jokowi Diperiksa Polisi

“Raras Arrum diberikan sebagai nama Gamelan PUI Javanologi UNS yang dimaksudkan agar tercipta berjuta karya kebajikan yang membawa kesentosaan, kekuatan yang penuh kasih, dan mampu mendorong cipta dan karya terbaik untuk UNS sebagai Universitas Berkelas Dunia,” lanjut Prof. Jamal.

Selanjutnya Sekjen IKA UNS, Bambang Dwi Wahyudi berharap gamelan Raras Arrum bisa memberi warna kepada PUI Javanologi UNS.

Baca Juga: Pilkades PAW Desa Singopadu Panas. Salah Satu Calon Minta Buka Berkas Dibuka tapi Ditolak

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Diterjang Arus Bengawan Solo, Jembatan Sesek Hanyut

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 10:25 WIB

Abipraya Arena Diluncurkan, Jadi Area Esport Jateng

Minggu, 25 September 2022 | 17:17 WIB
X