Fatwa MUI, Ternak dengan PMK Ringan Masih Bisa untuk Kurban

- Selasa, 28 Juni 2022 | 19:10 WIB
Mulyoko (36) pemilik Sekar Mendho Farm memeriksa ternak domba di peternakannya Dusun Pare RT2 RW3 Desa Pare, Kecamatan Selogiri. Hewan dengan gelaja PMk ringan bisa untuk hewan kurban. (SMSolo/Khalid Yogi)
Mulyoko (36) pemilik Sekar Mendho Farm memeriksa ternak domba di peternakannya Dusun Pare RT2 RW3 Desa Pare, Kecamatan Selogiri. Hewan dengan gelaja PMk ringan bisa untuk hewan kurban. (SMSolo/Khalid Yogi)

WONOGIRI, suaramerdeka-solo.com - Ternak yang terkena penyakit mulut dan kuku (PMK) ringan masih bisa digunakan untuk hewan kurban.

Hal itu sesuai dengan fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) no 32/2022 tentang hukum dan panduan pelaksanaan ibadah kurban saat kondisi wabah PMK.

Ketua kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Wonogiri Anif Solikhin mengatakan, Kemenag juga menerbitkan surat edaran (SE) no 10/2022 tentang panduan penyelenggaraan shalat Hari Raya Idul Adha dan pelaksanaan kurban tahun 1443 Hijriah/2022 Masehi.

Baca Juga: Terinfeksi PMK, Daging Ternak Aman Dikonsumsi? Ini kata Pakar Food Safety

"Di dalamnya ada sejumlah petunjuk terkait kurban di masa wabah PMK," katanya, baru-baru ini.

Di dalam surat tersebut, masyarakat diimbau untuk benar-benar melihat kondisi ternak yang hendak dijadikan hewan kurban.

"Ternaknya kena PMK atau tidak. Ada gejala PMK atau tidak," ujarnya.

Baca Juga: Jelang Idul Adha, Ternak Terjangkit PMK di Sukoharjo Tembus 1.000 Kasus

Menurutnya, ternak yang tidak mengidap PMK mempunyai ciri-ciri sebagai berikut. Yakni permukaan selaput mulut tidak melepuh, lidah, gusi, hidung dan kuku tidak melepuh, serta tidak mengeluarkan air liur berlebih.

Di samping itu, ternak yang hendak dijadikan hewan kurban tidak boleh cacat.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ratusan ASN Pemkab Wonogiri Naik Pangkat

Kamis, 22 September 2022 | 04:15 WIB

12 Kecamatan di Wonogiri Bakal Punya Zona Industri

Selasa, 20 September 2022 | 09:42 WIB

Pemuda Pracimantoro Ditangkap Polisi Karena Narkoba

Rabu, 14 September 2022 | 21:08 WIB
X