Dear Para Dermawan. Aira, Balita dengan Gizi Buruk dan Komplikasi Butuh Uluran Tangan

- Selasa, 28 Juni 2022 | 18:36 WIB
Aira Cahya Mekarsari digendong ibunya, Selasa (28/6). Balita ini mengalami gizi buruk dan komplikasi. Kondisi ekonomi keluarganya pas-pasan, sehingga butuh bantuan berbagai pihak untuk meringankannya.  (SMSolo/dok)
Aira Cahya Mekarsari digendong ibunya, Selasa (28/6). Balita ini mengalami gizi buruk dan komplikasi. Kondisi ekonomi keluarganya pas-pasan, sehingga butuh bantuan berbagai pihak untuk meringankannya. (SMSolo/dok)

KARANGANYAR, suaramerdeka-solo.com - Perjuangan Ratno Mekarsari-Dian Aruna Mahesi untuk kesehatan putri bungsunya, Aira Cahya Mekarsari, tak akan berhenti.

Meski kondisi ekonomi pasangan suami istri yang tinggal di rumah kontrakan di Griya Sari Permai RT 01 RW VII Blok C No 7, Desa Sukosari, Kecamatan Jumantono itu pas-pasan, namun demi kesehatan si buah hati, mereka mengupayakan yang terbaik.

Aira memang berbeda dengan balita pada umumnya. Balita yang lahir 2 April 2021 itu, pertumbuhannya lambat sejak usia tiga bulan hingga kini berusia 15 bulan.

Baca Juga: Terinfeksi PMK, Daging Ternak Aman Dikonsumsi? Ini kata Pakar Food Safety

Beratnya hanya 5,3 kg. Saat masih berada dalam kandungan, pergerakannya kurang, tidak seperti dua kakaknya. Aira dilahirkan secara normal.

Beberapa saat setelah dilahirkan, Aira didiagnosa mengalami jantung bocor. Ia juga butuh alat bantu untuk pendengaran, karena semua bagian tubuh sebelah kiri mengalami kelainan.

Karena RSUD Karanganyar tak memiliki alat bantunya, Aira dirujuk ke RSUD dr Moewardi Solo. Sejak usia empat bulan, dia harus rutin kontrol ke rumah sakit. Saat ini, Aira masih kontrol dua sampai tiga kali sebulan.

Baca Juga: Ganja Untuk Medis, MUI Akan Siapkan Fatwa

Belakangan, ada gejala komplikasi yang dialami bocah itu. Mata kirinya tak berfungsi normal dan kulitnya berkeriput.

Dia juga sempat dideteksi mengalami kelainan organ reproduksi, meski sekarang kondisinya berangsur normal.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Nakes di Karanganyar Mulai Divaksin Booster Kedua

Rabu, 10 Agustus 2022 | 19:00 WIB

Baru Keluar dari Garasi, Brio Nyungsep ke Sungai

Kamis, 28 Juli 2022 | 20:25 WIB

Obat-obatan Senilai Rp983 Juta Kedaluwarsa

Kamis, 28 Juli 2022 | 19:52 WIB
X