Besuk, 7 Pasar Hewan Klaten Dibuka Lagi dengan SOP Ketat

- Selasa, 28 Juni 2022 | 19:30 WIB
Suasana Pasar Hewan Prambanan Klaten sebelum dilakukan penutupan akibat wabah PMK.dok (SMSolo/dok)
Suasana Pasar Hewan Prambanan Klaten sebelum dilakukan penutupan akibat wabah PMK.dok (SMSolo/dok)

KLATEN, suaramerdeka-solo.com - Setelah lima pekan ditutup, 7 pasar hewan yang ada di Kabupaten Klaten akan mulai dibuka kembali, Rabu 29 Juni 2022 besok.

Informasi itu disampaikan Bupati Klaten Sri Mulyani usai pencanangan vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Socokangsi, Kecamatan Jatinom, Klaten, Selasa (28/6/22).

"Mulai 29 Juni 2022, pasar hewan di Klaten akan mulai dibuka kembali untuk memenuhi kebutuhan Idul Adha. Namun, akan diterapkan SOP yang ketat, agar penularan PMK tidak semakin luas,'' tegas Bupati Sri Mulyani.

Baca Juga: Dear Para Dermawan. Aira, Balita dengan Gizi Buruk dan Komplikasi Butuh Uluran Tangan

Dia minta kepada para peternak, blantik sapi dan masyarakat yang mencari sapi untuk Idul Adha, agar tetap mematuhi aturan-aturan yang ditetapkan pemerintah.

Ada larangan yang tak boleh dilanggar, antara lain mendatangkan hewan ternak dari luar Klaten. Hal itu untuk mengantisipasi adanya sapi pembawa virus dari luar Klaten, yang dikhawatirkan menambah kasus PMK di Klaten.

Baca Juga: Terinfeksi PMK, Daging Ternak Aman Dikonsumsi? Ini kata Pakar Food Safety

"Ingat jangan mendatangkan hewan dari luar Klaten terutama dari zona merah PMK. Saya minta SOP yang dibuat ditaati. Kalau tidak taat, maka akan rugi sendiri. Bila satu saja sapi kena PMK, maka puluhan sapi bisa tertular,’’ kata Bupati Sri Mulyani.

Kepala DKPP Klaten, Ir Widiyanti MSi menambahkan, sebelumnya, pasar-pasar hewan di Klaten ditutup sementara seiring meningkatkan temuan kasus PMK di Klaten.

Penutupan pasar hewan sementara pertama dilakukan sejak 25 Mei - 7 Juni 2022. Namun kasus PMK di Klaten masih terus meningkat.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

4.000 Santri Klaten Ikuti Munaqosyah. Apa Itu?

Selasa, 29 November 2022 | 05:25 WIB
X