Pasar Hewan di Klaten Dibuka, Ini Dia SOP Jual Beli Ternak di Pasar Hewan

- Rabu, 29 Juni 2022 | 12:11 WIB
DKPP Klaten, Camat, Polsek, Koramil dan PMI serta unsur terkait melakukan pengawasan jual beli sapi di Pasar Prambanan. (SMSolo/dok)
DKPP Klaten, Camat, Polsek, Koramil dan PMI serta unsur terkait melakukan pengawasan jual beli sapi di Pasar Prambanan. (SMSolo/dok)

KLATEN, suaramerdeka-solo.com – Pemkab Klaten menerapkan SOP ketat, untuk mencegah terjadinya ledakan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Klaten setelah pasar hewan dibuka kembali.

Ketentuan jual beli ternak di pasar hewan diatur melalui Surat Edaran Sekda Klaten No: 11 Tahun 2022 yang diterapkan di 7 pasar hewan yang ada di Klaten.

"Untuk memudahkan pemenuhan hewan kurban menjelang hari Raya Idul Adha dan menekan penyebaran virus PMK, maka pembukaan pasar hewan harus memenuhi SOP sesuai SE Sekda," kata Kepala DKPP Klaten Ir Widiyanti MSi.

Baca Juga: Presiden Jokowi Bertolak ke Ibu Kota Ukraina Naik Kereta Api. Kemenlu Intens Komunikasi

Pertama, pedagang atau blantik wajib menunjukkan bukti surat keterangan domisili atau KTP asli Klaten. Kedua, hewan ternak yang dibawa ke pasar harus dalam kondisi sehat, dewasa dan siap potong.

Ketiga, pengelola pasar wajib untuk melakukan penyemprotan desinfektan sebelum pasaran dan sesudah pasaran, termasuk kendaraan angkut yang membawa hewan ternak, serta harus menjaga kondisi pasar agar tetap bersih.

Baca Juga: Kasus Meme Stupa Candi Borobudur Mirip Presiden, Polisi Segera Umumkan Status Roy Suryo

Keempat, DKPP secara teknis melakukan pemeriksaan kesehatan ternak sebelum masuk pasar. Kelima, pada saat ternak masuk pasar hewan harus langsung ditambatkan di tempat tambatan yang telah disediakan.

Terakhir, Satpol PP berkoordinasi dengan TNI/Polri melakukan pengawasan dan pengamanan lalu lintas hewan ternak di perbatasan dan lingkungan pasar hewan.

Baca Juga: Jelang APG 2022: Menang 10-0 Saat Diuji Primavera, Apungkan Semangat Timnas Sepak Bola CP

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

DPRD Kaget, Ada 33 Desa Miskin Ekstrem di Klaten

Jumat, 12 Agustus 2022 | 14:46 WIB
X