Hari Pertama Buka, Pasar Hewan di Klaten Sepi

- Rabu, 29 Juni 2022 | 12:25 WIB
Semua hewan yang masuk ke Pasar Hewan Prambanan Klaten diperiksa, naik ternak maupun KTP pemilik.  (SMSolo/dok)
Semua hewan yang masuk ke Pasar Hewan Prambanan Klaten diperiksa, naik ternak maupun KTP pemilik. (SMSolo/dok)

KLATEN, suaramerdeka-solo.com – Pasar hewan di Klaten kembali dibuka, Rabu (29/6/2022). Namun, ternyata pasar hewan sepi, diduga pemilik sapi takut sapinya tertular Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Di pasar hewan Prambanan yang biasanya dipenuhi ratusan sapi, hari ini hanya ada sekitar 25 sapi. Namun jumlah pedagang yang datang cukup banyak.

‘’Biasanya ada sekitar 300 sapi yang diperjualbelikan di Pasar Hewan Prambanan. Hari ini, dihitung cuma ada 25 ekor sapi,’’ kata Camat Prambanan, Puspo Enggar saat memantau pasar hewan Prambanan.

Baca Juga: Pasar Hewan di Klaten Dibuka, Ini Dia SOP Jual Beli Ternak di Pasar Hewan

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Widiyanti dan sejumlah tim DKPP, petugas Polsek Prambanan, Koramil Prambanan dan petugas PMI Klaten datang ke lokasi.

‘’Kami melakukan pemeriksaan semua sapi yang masuk ke pasar, harus benar-benar sehat. KTP pemilik sapi juga diperiksa, harus warga Klaten. Kondisinya sepi, jauh bila dibanding sebelum penutupan pasar,’’ ujar Puspo Enggar.

Dalam kesempatan itu, petugas PMI melakukan penyemprotan desinfektan ke seluruh sudut pasar hewan. Penyemprotan bertujuan mencegah penularan virus di pasar hewan.

Baca Juga: Total Kasus PMK di Klaten Capai 1995 Ekor

‘’DKPP bersama Camat dan Forkopimcam melakukan pemantauan di pasar-pasar hewan di wilayahnya. Hari ini, sepi hanya sedikit sapi yang dibawa ke pasar hewan,’’ kata Widiyanti.

Di pasar Jatinom yang biasanya penuh sapi bial hari pasaran legi, hari ini, benar-benar sepi. Tidak ada sapi yang dibawa pemiliknya ke pasar hewan.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

4.000 Santri Klaten Ikuti Munaqosyah. Apa Itu?

Selasa, 29 November 2022 | 05:25 WIB
X