Antisipasi PMK di Karanganyar, Vaksinasi Mulai Disuntikkan

- Rabu, 29 Juni 2022 | 15:15 WIB
Petugas Dispertan PP Karanganyar memberikan vaksinasi PMK pada sapi di kandang komunal Kelompok Ternak Ngudi Makmur di Kelurahan Jungke, Kecamatan Karanganyar, Rabu (29/6). (SMSolo/dok) (SMSolo/dok)
Petugas Dispertan PP Karanganyar memberikan vaksinasi PMK pada sapi di kandang komunal Kelompok Ternak Ngudi Makmur di Kelurahan Jungke, Kecamatan Karanganyar, Rabu (29/6). (SMSolo/dok) (SMSolo/dok)

KARANGANYAR, suaramerdeka-solo.com - Vaksinasi terhadap sapi di Karanganyar, untuk pencegahan penyakit mulut dan kuku (PMK), mulai dilakukan.

Rabu (29/6), petugas dari Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan (Dispertan PP) Karanganyar memvaksin 100-an ekor sapi yang ada di kandang komunal Kelompok Ternak Ngudi Makmur di Kelurahan Jungke, Kecamatan Karanganyar.

Selanjutnya, penyuntikan dilakukan bertahap ke sapi-sapi yang berada di berbagai kecamatan.

Baca Juga: BRI Jalin Kerja Sama Implementasi Aplikasi PSIAP bersama Dirjen Pajak Kemenkeu RI

Kabid Peternakan Dispertan PP Karanganyar Heri Sulistyo menjelaskan, Karanganyar mendapatkan alokasi 2 ribu dosis vaksin PMK pada tahap pertama pengiriman.

"Penyuntikan perdana di kandang komunal Jungke ini. Ada 100 ekor sapi yang divaksin," jelasnya.

Prioritas vaksin untuk sapi perah terlebih dulu. Setelah itu baru diberikan kepada sapi pedaging.

Baca Juga: Surat Domisili Lebih 'Sakti' di PPDB SMP di Boyolali, Sekda Bakal Panggil Kades

"Sapi yang sudah divaksin kemudian didata, sesuai nama pemilik ternak dan NIK-nya. Selanjutnya dipantau kondisinya oleh petugas. Tiap sapi akan mendapat dua kali penyuntikan. Jedanya satu bulan, antara vaksin pertama dan kedua," katanya.

Dijelaskan juga, sejumlah sapi di Karanganyar yang terindisikasi PMK, sebagian sudah membaik kondisinya. Dari 270 ekor yang terindikasi, tinggal puluhan ekor yang masih terus dipantau.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

CFD Colomadu Dimulai, Ribuan Warga Menyemut

Minggu, 25 September 2022 | 16:46 WIB
X