Bangun Fasilitas Pengolahan Sampah PLTSa, Sungai di TPA Putri Cempa akan Diurug

- Kamis, 30 Juni 2022 | 07:50 WIB
Rombongan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR), Pemkot Surakarta dan PT Solo Citra Metro Plasma Power (SCMPP) mengamati mesin pembangkit listrik di PLTSa Putri Cempa, Selasa (28/6/2022).  (SMSolo/Dok Humas Pemkot Surakarta)
Rombongan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR), Pemkot Surakarta dan PT Solo Citra Metro Plasma Power (SCMPP) mengamati mesin pembangkit listrik di PLTSa Putri Cempa, Selasa (28/6/2022). (SMSolo/Dok Humas Pemkot Surakarta)

SOLO, suaramerdeka-solo.com - Sebuah sungai kecil di lahan TPA Putri Cempa akan diuruk untuk mendukung pembangunan fasilitas pengolahan sampah di Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) Putri Cempa.

Fasilitas pengolahan sampah itu dibutuhkan investor PLTSa, PT Solo Citra Metro Plasma Power (SCMPP), guna menunjang operasional pembangkit tenaga listrik.

“Ada satu blok lahan di Blok D, yang sudah disiapkan untuk tempat pengolahan sampah baru. Tapi lahan itu masih penuh sampah yang perlu dipindahkan. Sementara TPA ini juga sudah dipenuh sampah,” ungkap Direktur Utama PT SCMPP, Elan Syuherlan.

Baca Juga: PLTSa Putri Cempa Dioperasikan Bertahap Mulai April-Desember 2022

Elan menjelaskan, salah satu alternatif lokasi pemindahan sampah di lahan Blok D itu adalah sungai kecil di bagian tengah TPA.

“Kami sudah dibantu kajian dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupr), untuk memindahkan sungai tersebut. Jadi sungai lama itu akan diurug dan dibuatkan sungai baru di bagian pinggir TPA.”

Pengurugan sungai lama dan pembuatan sungai baru itu ditargetkan dimulai Agustus 2022.

Baca Juga: Terima Hibah Alat Berat, Gibran Targetkan PLTSa Putri Cempa Solo Beroperasi April

“Kami baru memindahkan sampah dan membangun fasilitas pengolahan sampah mulai September,” jelas dia.

Fasilitas pengolahan sampah tersebut, menurut Elan, dibutuhkan PLTSa untuk memenuhi target harian produksi listrik.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Sejarah RSJD Solo yang Dulu Bernama Mangunjayan

Jumat, 5 Agustus 2022 | 14:21 WIB

Inilah Keutamaan-keutamaan Puasa Asyura

Jumat, 5 Agustus 2022 | 11:45 WIB
X