BBWSBS Kirim Alat Berat, Keruk Sedimen Kali Poitan

- Kamis, 30 Juni 2022 | 08:07 WIB
Alat berat dari BBWSBS sedang melakukan pengerukan sedimen di Sungai Poitan, Desa Jagalan, Kecamatan Karangnongko, Klaten.  (SMSolo/dok)
Alat berat dari BBWSBS sedang melakukan pengerukan sedimen di Sungai Poitan, Desa Jagalan, Kecamatan Karangnongko, Klaten. (SMSolo/dok)

KLATEN, suaramerdeka-solo.com – Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS) mengerahkan satu unit alat berat untuk mengeruk sedimen di bendungan Kali Poitan di Desa Jagalan Kecamatan Karangnongko, Klaten.

Bendungan tersebut sudah dipenuhi sedimen yang hanyut dari hulu, hingga daya tampung airnya sangat minim bahkan nyaris tidak ada.

Tak hanya itu, sedimen yang tingginya melebihi permukaan air sudah ditumbuhi semak belukar.

Baca Juga: Puluhan Personel BBWSBS dan PSDA Turun Bersihkan Kali Poitan

Pengerahan alat berat tersebut atas permintaan Pemerintah Desa Jagalan dan Komunitas Peduli Sungai (KPS) Poitan.

Pengajuan tersebut mendapat dukungan Pemerintah Kecamatan Karangnongko dan BPBD Klaten.

Sejak Selasa (28/6/2022) alat berat didatangkan ke lokasi dan langsung melakukan pengerukan sedimen, baik yang di atas bendungan maupun di bawah bendungan yang juga penuh sedimen serta sampah bambu dan kayu.

Baca Juga: Warga Jagalan dan Relawan Ramai-ramai Bersihkan Kali Poitan

‘’Susah dua hari ini, alat berat diturunkan ke Sungai Poitan untuk mengeruk sedimen yang sudah sangat banyak. Kalau dikerjakan secara manual tidak akan mampu,’’ kata Alung, petugas BBWSBS di Sungai Poitan.

Sebelumnya, petugas BBWSBS, PSDA dan PUPR Klaten serta warga dan relawan sudah bergotong royong membersihkan sungai poitan.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X