Pengelola Pura Mangkunegaran Genjot Jumlah Pengunjung

- Kamis, 30 Juni 2022 | 12:53 WIB
Mangkunegoro X memeriksa koleksi naskah kuno yang ada di Reksa Pustaka Mangkunegaran didampingi oleh Darweni, pengelola perpustakaan MN.  (SMSolo/dok)
Mangkunegoro X memeriksa koleksi naskah kuno yang ada di Reksa Pustaka Mangkunegaran didampingi oleh Darweni, pengelola perpustakaan MN. (SMSolo/dok)

SOLO, suaramerdeka-solo.com - Pengelola Istana Pura Mangkunegaran terus berupaya membuat terobosan untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan.

Mangkunegoro X mengemukakan, sejumlah terobosan tersebut di antaranya dengan menggabungkan pengalaman viasuak dengan aktivitas.

Dengan kata lain, pengunjung bukan hanya bisa menikmati keelokan sejarah yang ada di Mangkunegaran namun juga mengikuti beberapa kegiatan yang diselenggarakan di Pura Mangkunegaran.

Baca Juga: Adiknya Diperkosa Ayahnya Hingga Hamil, Sang Kakak Nekat Bakar Rumah

"Kami mulai membuka berbagai kegiatan yang bisa diikuti pengunjung seperti kelas tari, menjajal busana kerajaan Mangkunegaran untuk berselfi hingga penyajian makanan tradisional yang khas, " kata Mangkunegoro X.

Selain atraksi wisata berselfi dengan busana kerajaan dan kelas tari, pihaknya juga berupaya menarik minat pengunjung dengan mengembangkan museum agar lebih interaktif.

Baca Juga: Bangun Fasilitas Pengolahan Sampah PLTSa, Sungai di TPA Putri Cempa akan Diurug

Mangkunegoro mengemukakan, dengan melibatkan pengunjung dalam berbagai aktivitas kegiatan yang diselenggarakan Mangkunegaran diharap masyarakat merasa ikut memiliki warisan budaya yang ada di tempat itu.

Dikatakan, setelah pandemi mereda jumlah pengunjung di Mangkunegaran mengalami peningkatan signifikan. Pada hari biasa di masa liburan sekolah ini jumlah pengunjung berkisar pada angka ratusan.

Baca Juga: Kasus Meme Stup Candi Borobudur Mirip Presiden Naik ke Penyidikan, Status Roy Suryo Tersangka?

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hari Kemerdekaan RI, 3 Napi di Rutan Solo, Bebas

Rabu, 17 Agustus 2022 | 16:00 WIB
X