FIB UNS Susun Katalog Sumber Sejarah Kewilayahan Mangkunegaran

- Kamis, 30 Juni 2022 | 13:12 WIB
Tim Pengabdian Prodi Sejarah FIB UNS dan KGPAA Mangkunegara X dalam kegiatan FGD Pembuatan Katalog Sumber Sejarah Kewilayahan Kabupaten Kota Mangkunegaran di Reksa Pustaka Mangkunegaran.  (SMSolo/Evie Kusnindya)
Tim Pengabdian Prodi Sejarah FIB UNS dan KGPAA Mangkunegara X dalam kegiatan FGD Pembuatan Katalog Sumber Sejarah Kewilayahan Kabupaten Kota Mangkunegaran di Reksa Pustaka Mangkunegaran. (SMSolo/Evie Kusnindya)

SOLO, suaramerdeka-solo.com - Banyak masyarakat yang tidak memahami perbedaan antara Keraton Kasunanan dan Pura Mangkunegaran Surakarta.

Padahal dalam sejarah, secara kekuasaan dan kewilayahan, keduanya berbeda jauh, meski kini keduanya sama sama sebagai penjaga dan pelestari kebudayaan, serta tak lagi memiliki daerah kekuasaan.

Berangkat dari hal itu, Tim Pengabdian Prodi Sejarah Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UNS Surakarta melakukan pembuatan katalog sumber sejarah kewilayahan kabupaten kota (kadipaten) Mangkunegaran.

Baca Juga: Pengelola Pura Mangkunegaran Genjot Jumlah Pengunjung

"Katalog kewilayahan itu bertujuan mempermudah masyarakat dan pihak yang membutuhkan informasi tentang wilayah Mangkunegaran dari masa ke masa. Semua dinamika sejarah Mangkunegaran ada dalam katalog arsip itu," kata Susanto yang juga Kaprodi Sejarah FIB UNS di sela kegiatan FGD Pembuatan Katalog Sumber Sejarah Kewilayahan Kabupaten Kota Mangkunegaran di Reksa Pustaka.

Susanto mengemukakan, Surakarta merupakan kota penting berkaitan dengan sumber informasi sejarah. Sebab dulunya menjadi kota pusat pemerintahan kerajaan Kasunanan dan Kadipaten Mangkunegaran.

Surakarta menyimpan banyak sumber informasi sejarah berkaitan dengan pemerintahan tradisional dan kolonial Hindia Belanda.

Baca Juga: Sebelum Terpilih Jadi Raja Mangkunegaran, GPH Bhre Kerap Tidur di Makam Ayahnya

Selama proses katalogisasi, Susanto dan tim riset mencari data dari arsip Mangkunegara VI, VII dan VIII. Juga peta wilayah pada masa itu.

Baru kemudian dicek kebenarannya. Proses itu dilakukan lantaran ada perubahan dari awal dibentuknya kabupaten kota Mangkunegaran.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hari Kemerdekaan RI, 3 Napi di Rutan Solo, Bebas

Rabu, 17 Agustus 2022 | 16:00 WIB
X