Ombudsman Dorong Integrasi Pelayanan Publik di Solo

- Kamis, 30 Juni 2022 | 19:05 WIB
Ketua Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Mokhamad Najih meninjau loket Dinas Kesehatan Surakarta di Mal Pelayanan Publik Jenderal Sudirman, Kamis (30/6/2022).  (SMSolo/dok Humas Pemkot Surakarta)
Ketua Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Mokhamad Najih meninjau loket Dinas Kesehatan Surakarta di Mal Pelayanan Publik Jenderal Sudirman, Kamis (30/6/2022). (SMSolo/dok Humas Pemkot Surakarta)

SOLO, suaramerdeka-solo.com - Ombudsman Republik Indonesia (ORI) mendorong Pemkot Surakarta bisa mengintegrasikan seluruh pelayanan publik yang diselenggarakannya.

Integrasi itu dinilai penting agar masyarakat kian mudah mengakses berbagai pelayanan publik yang mereka butuhkan.

“Kami harap layanan terpadu bisa diintegrasikan menjadi one stop system. Kalau saat ini sifatnya masih one room system atau satu ruangan,” kata Ketua ORI Mokhamad Najih, saat meninjau Mal Pelayanan Publik (MPP) Jenderal Sudirman, Kamis (30/6/2022).

Baca Juga: Ingin Saingi Yogya dan Bali, Pemkot Surakarta Kembangkan Potensi Destinasi Wisata Solo Raya

Najih menjelaskan, pengintegrasian pelayanan publik tersebut bisa menghindarkan khalayak dari keharusan mengurus layanan secara tatap muka di berbagai loket.

“Jadi kalau pelayanan sudah terpadu dan terintegrasi dengan sistem, masyarakat tidak melulu harus datang ke kantor untuk mengurus sesuatu.”

Sejumlah pelayanan publik yang diselenggarakan Pemkot di MPP tersebut, juga menjadi sorotan Ombudsman.

Baca Juga: Lantik Puluhan Pejabat Pemkot Surakarta, Gibran Warning: Jangan Copy Paste Program Kerja

“Layanan Dinas Kesehatan contohnya, ada beberapa yang masih manual. Kami harap bisa ditingkatkan menggunakan teknologi, sehingga masyarakat yang perlu izin di bidang kesehatan bisa mudah mendapatkan informasi,” terangnya.

Dalam kesempatan itu, ORI dan Pemkot Surakarta juga menandatangani nota kesepahaman (MoU) tentang Sinergi Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hari Kemerdekaan RI, 3 Napi di Rutan Solo, Bebas

Rabu, 17 Agustus 2022 | 16:00 WIB
X