Program ADEM Upaya Pemerintah Memeratakan Kualitas Pendidikan

- Sabtu, 2 Juli 2022 | 17:40 WIB
Peserta Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) dari Papua dan Papua Barat mendapatkan pembekalan dari instruktur, usai upacara pembukaan kegiatan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara bagi Peserta Didik ADEM di Setukpa Lanud Adi Soemarmo Solo, Sabtu (2/7). ** (SMSolo/Irfan Salafudin)
Peserta Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) dari Papua dan Papua Barat mendapatkan pembekalan dari instruktur, usai upacara pembukaan kegiatan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara bagi Peserta Didik ADEM di Setukpa Lanud Adi Soemarmo Solo, Sabtu (2/7). ** (SMSolo/Irfan Salafudin)

KARANGANYAR, suaramerdeka-solo.com - Sebanyak 113 peserta didik kelas X dari Papua dan Papua Barat mengikuti kegiatan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara bagi Peserta Didik Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) di Setukpa Lanud Adi Soemarmo Solo selama enam hari, 1-6 Juli 2022.

Kegiatan ADEM tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah melalui Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus (PMPK) Kemendikbudristek dalam melakukan pemerataan kualitas pendidikan, khususnya bagi anak-anak Papua dan Papua Barat.

Baca Juga: 113 Anak Papua dan Papua Barat Digembleng Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara di Setukpa Lanud Adi Soemarmo

Direktur PMPK Dr Samto menjelaskan, pemerataan kualitas tersebut mencakup aspek akademis maupun karakter, khususnya terkait Wawasan Kebangsaan.

"Ini penting, mengingat fenomena dan realitas permasalahan kebangsaan yang berkembang saat ini. Seperti menurunnya penghayatan terhadap nilai-nilai Pancasila, bergesernya nilai etika dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, memudarnya kesadaran terhadap nilai-nilai budaya bangsa, hingga ancaman disintegrasi bangsa," ujarnya.

Baca Juga: Pencucian Uang Makin Marak, BPR Diminta Tingkatkan Kewaspadaan

Melalui kegiatan ADEM tersebut, diharapkan generasi muda Papua dan Papua Barat mampu berpikir terbuka, juga bersikap bijak dalam menghadapi persoalan dan tantangan ke depan yang mengancam NKRI.

Dijelaskannya, kegiatan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara merupakan bagian dari Program ADEM yang diselenggarakan bagi peserta didik kelas X dari Papua dan Papua Barat, yang tahun ini diselenggarakan di enam provinsi. Yakni Banten, Jabar, Jateng, DI Yogyakarta, Jatim dan Bali.

Baca Juga: Pemotor Wanita yang Lawan Arus dan Aniaya Polisi, Tersangka

"Tujuan kegiatan ini secara umum adalah untuk meningkatkan wawasan kebangsaan dan bela negara serta menguatkan semangat persatuan dan kesatuan peserta ADEM. Sehingga dapat terlindungi dari pengaruh-pengaruh luar yang negatif," jelasnya.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Nakes di Karanganyar Mulai Divaksin Booster Kedua

Rabu, 10 Agustus 2022 | 19:00 WIB

Baru Keluar dari Garasi, Brio Nyungsep ke Sungai

Kamis, 28 Juli 2022 | 20:25 WIB

Obat-obatan Senilai Rp983 Juta Kedaluwarsa

Kamis, 28 Juli 2022 | 19:52 WIB
X