Asal Sehat, Hewan Kurban yang Belum Divaksin Tetap Boleh Disembelih

- Selasa, 5 Juli 2022 | 08:28 WIB
Petugas Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Surakarta memeriksa sapi kurban di Mojosongo Solo, Senin (4/7/2022).  (SMSolo/Agustinus Ariawan)
Petugas Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Surakarta memeriksa sapi kurban di Mojosongo Solo, Senin (4/7/2022). (SMSolo/Agustinus Ariawan)

SOLO, suaramerdeka-solo.com - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Surakarta memastikan seluruh hewan kurban yang sehat tetap bisa disembelih, meskipun belum menerima vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Evy Wulandari mengatakan, pihaknya tetap mengutamakan penyembelihan seluruh hewan kurban yang sehat.

“Namun merujuk Fatwa MUI Nomor 32 Tahun 2022, terkait hewan yang terjangkit PMK dengan gejala ringan, masih boleh disembelih dan kurban dianggap sah,” terang Evy di sela-sela pengecekan hewan kurban di Mojosongo, Senin (4/7/2022).

Baca Juga: Wabah PMK Merebak, Ini Imbauan untuk Panitia Kurban

Jika bergejala ringan, imbuh dia, maka hewan tersebut masih mau makan dan minum.

“Juga masih bisa jalan.”

Sebaliknya untuk hewan kurban yang terjangkit PMK dan bergejala berat, seperti tidak bisa berjalan dan kuku kaki terlepas, maka hewan tersebut tidak sah dijadikan hewan kurban.

Evy menjelaskan, hewan kurban yang akan disembelih tak harus mendapatkan vaksin PMK terlebih dahulu.

Baca Juga: Permintaan Sapi Kurban dari Luar Daerah Berdatangan

Hal ini disampaikannya guna menepis kekhawatiran masyarakat perihal hewan kurban yang belum divaksinasi.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X