PMI Klaten Berencana Bentuk Sibat di 26 Kecamatan

- Selasa, 5 Juli 2022 | 14:01 WIB
PMI Klaten menggelar pengembangan kapasitas SDM dan pengukuhan pengurus antar waktu di Kemuning Karanganyar.  (SMSolo/dok)
PMI Klaten menggelar pengembangan kapasitas SDM dan pengukuhan pengurus antar waktu di Kemuning Karanganyar. (SMSolo/dok)

KLATEN, suaramerdeka-solo.com - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Klaten berencana membentuk Sibat (Siaga Bencana Berbasis Masyarakat) di tiap-tiap kecamatan. Saat ini, baru terbentuk Sibat di lima kecamatan.

Ketua PMI Klaten Purwanto Anggono Cipto saat ditemui di markasnya Jalan Veteran Klaten Utara, menyebutkan, pembentukan Sibat bertujuan meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhdap ancaman bencana.

‘’Ke depan, PMI Klaten akan membentuk Sibat di tiap-tiap kecamatan. Ada 26 kecamatan di Kabupaten Klaten, saat ini baru terbentuk 5 Sibat. Insya Allah, segera direalisasikan,’’ kata Purwanto, Senin (4/7/2022).

Baca Juga: PMI dan DKPP Lakukan Penyemprotan Kandang Kelompok Ternak

Selain itu, PMI Klaten terus berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) pengurus PMI Kecamatan se-Kabupaten Klaten.

Salah satunya dengan mengadakan pengembangan kapasitas SDM di Kemuning, Karanganyar, 2 Juli 2022 lalu.

‘’Kegiatan pengembangan kapasitas SDM yang diikuti 153 peserta itu demi memelihara kemampuan para pengurus PMI Kecamatan se-Kabupaten Klaten dalam pelayanan kepada masyarakat,’’ ujar Purwanto.

Baca Juga: Peringati Hari Donor Darah Sedunia, PMI Kabupaten Klaten Bagi-bagi Kaos

Selama kegiatan, peserta mendapatkan penyegaran materi Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD) dan materi tentang pertolongan pertama. Diharapkan, seluruh peserta semakin mendalami materi yang diberikan.

‘’Pengembangan kapasitas SDM dilakukan agar dapat menghasilkan output yang baik dalam mencapai target pelayanan PMI Kabupaten Klaten. Ini dicapai melalui inovasi dan kerja sama tim yang semakin mantap,’’ tegas Purwanto.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X