Di Boyolali, Ditemukan Sapi Kurban Idap Cacing Hati

- Minggu, 10 Juli 2022 | 14:08 WIB
Tim Disnakan Boyolali memantau penyembelihan hewan kurab di Griya PUlisen 2, Boyolali Kota. Hasilnya, sapi kurban sehat dan dagingnya layak dibagikan. (SMSolo/Joko Murdowo)
Tim Disnakan Boyolali memantau penyembelihan hewan kurab di Griya PUlisen 2, Boyolali Kota. Hasilnya, sapi kurban sehat dan dagingnya layak dibagikan. (SMSolo/Joko Murdowo)

 

BOYOLALI, suaramerdeka-solo.com - Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Boyolali melakukan pemantauan pemotongan di beberapa titik atau lokasi, pada Sabtu (9/7).

Hasil pantauan, diketahui ada seekor sapi kurban di Boyolali diketahui mengidap fasciola hepatica atau cacing hati.

Menurut Kabid Keswan, Disnakkan Boyolali, Afiany Rifdania, proses pemotongan hewan di Boyolali dipantau langsung tim dari Disnakkan Boyolali.

Baca Juga: Aturan Baru, Mulai 17 Juli PPDN yang Belum Vaksin Booster Wajib Kantongi Tes Antigen atau PCR

Tujuannya, untuk memastikan daging atau bagian hewan kurban yang dibagikan kepada masyarakat benar-benar layak untuk dikonsumsi.

“Sabtu kemarin tim kami juga melakukan pemantauan pemotongan hewan kurban di Boyolali,” katanya disela-sela monitoring pelaksanaan kurban di Masjid Bening Ati, Minggu (10/7).

Baca Juga: DKPP Klaten Nyatakan Semua Sapi Kurban Sehat

Dalam monitoring itu, tim yang melakukan monitoring pemotongan 12 ekor sapi di wilayah kota Boyolali menemukan adanya seekor sapi yang mengidap penyakit cacing hati. Hal itu bisa dilihat secara kasat mata.

Dimana hati sapi yang telah dikeluarkan dari tubuh sapi terlihat berbeda dari hati sapi normal pada umumnya. Pada hati sapi tersebut sudah ada cacing halus yang keluar dari lubang -lubang hati.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X