Manfaatkan Teknologi untuk Potong Tulang Sapi, Kurban di Masjid Al Mabrur

- Minggu, 10 Juli 2022 | 17:10 WIB
Gergaji listrik yang sudah dimodifikasi digunakan untuk memotong tulang-tulang sapi kurban di Masjid Al Mabrur Banyuanyar, Banjarsari, Solo, Minggu (10/7/2022). (SMSolo/Setyo Wiyono)
Gergaji listrik yang sudah dimodifikasi digunakan untuk memotong tulang-tulang sapi kurban di Masjid Al Mabrur Banyuanyar, Banjarsari, Solo, Minggu (10/7/2022). (SMSolo/Setyo Wiyono)

SOLO, suaramerdeka-solo.com - Semangat ibadah kurban bagi umat muslim pada Hari Raya Idul Adha di Solo, kian menunjukkan peningkatan.

Tak terkecuali kurban di Masjid Al Mabrur Jalan Pleret Utama Banyuanyar, Banjarsari, Solo.

Pada kurban 1443 H, Minggu (10/7/2022), tercatat 11 ekor sapi dan 15 kambing dari masyarakat masjid yang biasa digunakan ibadah warga RT 3 dan RT 4 RW 12 Kelurahan Banyuanyar. Seekor sapi di antaranya dikirimkan ke daerah Munggung, Karangdowo, Klaten, untuk disembelih masyarakat di daerah itu.

Baca Juga: Sapi Kurban Berbobot 1 Ton Disumbangkan Presiden Jokowi ke Masjid Agung Surakarta

Jumlah ternak kurban itu meningkat, karena tahun lalu ada sembilan ekor sapi dan dua kambing yang jadi kurban di Masjid Al Mabrur.

Karena tren penambahan hewan kurban bertambah dari tahun ke tahun, takmir dan pengurus masjid memanfaatkan perkembangan teknologi untuk memudahkan pemilahan daging, sebelum dibagikan.

"Sejak enam tahun terakhir, kami memanfaatkan gergaji listrik untuk memotong tulang-tulang, menjadi kecil-kecil," kata Ketua Takmir Masjid Al Mabrur, Wiyono.

Baca Juga: DKPP Klaten Nyatakan Semua Sapi Kurban Sehat

Gergaji listrik yang sebenarnya diperuntukkan memotong alumunium itu, kemudian dimodifikasi sejumlah guru dan siswa SMK PGRI 1 Surakarta.

Kebetulan ada guru SMK yang berada di depan masjid itu, sekaligus merupakan pengurus Masjid Al Mabrur.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Diterjang Arus Bengawan Solo, Jembatan Sesek Hanyut

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 10:25 WIB
X