Kurban di Masjid Nur Azizah Klaten, Potong Tiga Sapi untuk 600 THL dan Tukang Becak

- Selasa, 12 Juli 2022 | 18:12 WIB
Panitia kurban Masjid Nur Azizah Pemkab Klaten melakukan pemotongan hewan kurban, Selasa 12 Juli 2022.  (SMSolo/Merawati Sunantri)
Panitia kurban Masjid Nur Azizah Pemkab Klaten melakukan pemotongan hewan kurban, Selasa 12 Juli 2022. (SMSolo/Merawati Sunantri)

KLATEN, suaramerdeka-solo.com – Takmir Masjid Nur Azizah Pemkab Klaten menggelar pemotongan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha 1443 H, Selasa (12/7/2022) pagi.

Penyembelihan hewan kurban yang terdiri atas tiga ekor sapi tidak dilakukan di halaman masjid.

Namun penyembelihan dilakukan di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) yang jaraknya sekitar 1 km dari kompleks Pemkab Klaten.

Baca Juga: LDII Wonogiri Kurban 360 Sapi dan 400 Kambing

‘’Untuk penyembelihan, panitia kurban mendatangkan jagal yang sudah berpengalaman sehingga pekerjaan cepat,’’ kata Kepala Dinas Kominfo yang juga takmir Masjid Nur Azizah, Amin Mustofa.

Delapan orang terdiri atas jagal dan timnya yang menyembelih, mengelupas kulit, motong-motong, memisahkan tulang, hingga memotong tulang-tulang.

Tampak serta sejumlah ASN perempuan membantu memotong daging ukuran kecil, kemudian menimbang dan membungkusi daging agar siap dibagikan.

Baca Juga: Manfaatkan Teknologi untuk Potong Tulang Sapi, Kurban di Masjid Al Mabrur

‘’Tahun ini, Masjid Nur Azizah Pemkab Klaten 3 ekor hewan kurban. Sapi-sapi ini, berasal dari Setda, PDAM Tirta Merapi dan Bappeda yang dikoorinir oleh Bupati,’’ kata Amin Mustofa.

Selanjutnya, daging kurban dibagikan kepada para tenaga harian lepas (THL) Pemkab Klaten dan tukang becak di sekitar Pemkab Klaten. Total jumlahnya sekitar 600-an.

‘’Daging kurban memang sengaja dibagikan untuk tukang becak dan THL di lingkungan Pemkab Klaten. Jadi diberikan ke yang gajinya kecil-kecil, yang gajinya sudah lumayan gak diberi,’’ kata Amin Mustofa.**

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X