Bawaslu dan Polres Sukoharjo Akan Bersinergi Kawal Tahapan Pemilu

- Selasa, 12 Juli 2022 | 20:11 WIB
Bawaslu Sukoharjo dan Polres Sukoharjo audensi dalam koordinasi Pemilu 2024. (SMSolo/dok)
Bawaslu Sukoharjo dan Polres Sukoharjo audensi dalam koordinasi Pemilu 2024. (SMSolo/dok)

SUKOHARJO, suaramerdeka-solo.com - Polres Sukoharjo dan Bawaslu mulai berkoordinasi tentang penyelenggaraan Pemilu Serentak pada 14 Februari 2024 dan pemilihan kepala daerah (pilkada) pada November 2024.

Koordinasi dilaksanakan di Ruang Panjura Polres Sukoharjo, Selasa (12/7/2022).

Dalam koordinasi tersebut, Ketua Bawaslu Kabupaten Sukoharjo, Bambang Muryanto, mengungkapkan pada dasarnya hubungan komunikasi antara Bawaslu dengan Polres Sukoharjo sudah berjalan secara baik.

Baca Juga: Belum Temukan Bukti Kuat, Bharada E Penembak Brigadir J Statusnya Masih Saksi

"Intinya koordinasi ini adalah Bawaslu meminta dukungan dan bantuan Polres Sukoharjo untuk melakukan pengawasan pelaksanaan pemilu," ujarnya.

Lebih lanjut, Bambang menjelaskan bahwa di Sukoharjo pada saat pelaksanaan pemilu sering terjadi pelanggaran baik perusakan surat suara, perangkat desa yang ikut melaksanakan kampanye, dan sebagainya.

Baca Juga: Seratusan Hewan Kurban di Wonogiri Terinfeksi Cacing Hati

"Untuk itu, Bawaslu minta dukungan penuh dari kepolisian untuk bersama melakukan pengawasan, termasuk menciptakan cooling down system apabila terjadi gejolak dan polarisasi di masyarakat terkait dengan pelanggaran pemilu," terangnya.

"Kita sadari bahwa anggota kita yang di bawah sangat minim, maka dari itu saya meminta bantuan kepada bapak Kapolres Sukoharjo untuk memerintahkan Bhabinkamtibmasnya untuk ikut mengidentifikasi apabila ada pelanggaran sekecil apapun di masyarakat," tandasnya.

Baca Juga: Teliti Penyelesaian Perselisihan Pemilu, Nicholay Raih Gelar Doktor Ilmu Hukum

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Densus Ciduk Terduga Teroris di Sukoharjo

Kamis, 1 Desember 2022 | 11:50 WIB
X