Mirip Klitih. Ancam Warga dengan Clurit, Pemuda Mabuk Dibekuk

- Kamis, 14 Juli 2022 | 19:01 WIB
Ini dia clurit sepanjang 50 cm yang digunakan tersangka untuk menakut-nakuti warga. (SMSolo/Merawati Sunantri)
Ini dia clurit sepanjang 50 cm yang digunakan tersangka untuk menakut-nakuti warga. (SMSolo/Merawati Sunantri)

KLATEN, suaramerdeka-solo.com – Gara-gara mengancam warga dengan clurit dalam kondisi mabuk minuman keras, NCM (18) warga Desa Tawangrejo Kecamatan Bayat, Klaten dibekuk aparat Satreskrim Polres Klaten.

Yang paling menyedihkan, aksi mengancam warga pakai clurit itu dilakukan hanya untuk gagah-gagahan dan kebanggaan saja. Mungkin di matanya, membuat warga resah karena ulahnya itu sesuatu yang keren.

Pengungkapan kasus itu dipaparkan Wakapolres Klaten Kompol Sumiarta didampingi Kasat Reskrim Polres Klaten AKP Guruh Bagus Eddy Suryana dan Kasi Humas Iptu Abdillah di Mapolres Klaten, Kamis (14/7/2022).

Baca Juga: Kominfo Tanggapi Video Klitih di Klaten. Itu Hoax, Jangan Asal Sebar Konten

‘’Kalau boleh dibilang, aksi gagah-gagahan mengancam orang menggunakan senjata tajam semacam ini mirip klitih,’’ kata Kasat Reskrim.

Aksi konyol NCM bersama kelompoknya dilakukan di depan warung soto Mbok Giyem Jalan Yogya-Solo tepatnya di Desa Belangwetan Kecamatan Klaten Utara, Minggu (3/7/2022), sekitar pukul 03.00 WIB.

Akibat aksi ngawurnya menantang warga dan pengguna jalan yang melintas, NCM diancam pasal 2 ayat (1) UU Darurat RI Nomor 12 tahun 1951 dengan hukuman penjara setinggi-tingginya 10 tahun.

Baca Juga: Lima Pelaku Klitih yang Tewaskan Pelajar di Yogyakarta Ditangkap. Ada Pelajar dan Mahasiswa

Saat ditanya wartawan, NCM mengaku melakukan pengancaman dengan clurit dalam kondisi mabuk. Saat itu, dia bersama teman-temannya habis nongkrong dan minum miras bersama-sama.

‘’Clurit itu punya teman,’’ katanya.

Ditanya mengapa membawa clurit dan diacung-acungkan ke warga, dia menjawab untuk gagah-gagahan saja. Karena bangga bila terlihat berani menantang orang.

Baca Juga: Kasus Geng Klitih Jadi Perhatian Serius Jajaran Polres Boyolali

Saat ini, Satuan Reskrim Polres Klaten masih mengembangkan kasus tersebut, karena diduga ada hubungannya dengan aksi-aksi serupa di Klaten.

Polisi telah mengamankan barang bukti berupa sebilah celurit sepanjang 50 cm dan jaket berwarna putih.**

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X