Pengelolaan Naskah Kuno di Perpustakaan Penting. Mengapa?

- Jumat, 15 Juli 2022 | 13:00 WIB
Ilustrasi naskah kuno.  (Sastra Jawa UI)
Ilustrasi naskah kuno. (Sastra Jawa UI)

SOLO, suaramerdeka-solo.com - Penyimpanan dan pengelolaan naskah kuno tak bisa sembarangan dilakukan oleh perpustakaan.

Pasalnya selain secara fisik sudah ringkih dan rusak karena termakan usia, penyimpanan yang salah akan memperburuk kondisinya.

Berkaitan itu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo mengadakan seminar nasional mengusung tema pengembangan jejaring kerja sama pengelolaan naskah kuno Nusantara secara komprehensif dan berkelanjutan. 

Baca Juga: Mengenal Pistol Glock 17 Karya Insinyur Austria yang Digunakan Bharada E Tembak Brigadir J

Seminar ini diselenggarakan secara luring di Ruang Werkudara UPT Perpustakaan UNS menghadirkan tiga narasumber yang ahli dalam bidang pernaskahan dihadirkan.

Yaitu Ahmad Budi Wahyono (Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Jawa Tengah) , Ki Totok Yasmiran (Museum Radya Pustaka) dan Daryono (UPT Perpustakaan UNS) .

Dalam sambutannya, Ketua Panitia, Achmad Nur Chamdi berharap dengan pengelolaan yang dilakukan bersama-sama dapat melestarikan naskah kuno.

Baca Juga: Kompromitas antara Tradisi dan Modern di Museum Radya Pustaka Solo

“Harapannya, melalui forum ini dapat memberikan pencerahan, bertukar pikiran, dan diskusi tentang pengelolaan di bidang naskah kuno,” harapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala UPT Perpustakaan UNS, Burhanudin Harahap. Ia menyampaikan bahwa naskah kuno merupakan warisan budaya yang dapat menjelaskan aspek kehidupan di suatu masyarakat atau suatu kerajaan.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

LAPAN RI Jateng Desak Hentikan Semua Penambangan

Rabu, 30 November 2022 | 21:16 WIB

Pospenas Solo, Banyak Siswa Antusias Ikut Lomba Pidato

Jumat, 25 November 2022 | 10:10 WIB
X