Mulai Kloter 9, Seluruh Jemaah Haji Wajib Jalani Swab Antigen

- Kamis, 21 Juli 2022 | 14:26 WIB
Aturan baru diterapkan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo, seluruh jemaah haji yang turun wajib swab. (SMSolo/dok)
Aturan baru diterapkan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo, seluruh jemaah haji yang turun wajib swab. (SMSolo/dok)

BOYOLALI, suaramerdeka-solo.com – Skema baru bakal diterapkan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo dalam menerima kedatangan jemaah haji. Dimana, seluruh jemaah bakal menjalani swab antigen.

“Kebijakan ini mulai kedatangan kloter 9 yang dijadwalkan datang malam nanti,” ujar Koordinator Humas PPIH Embarkasi, Solo Sarip Sahrul Samsudin, Kamis (21/7).

Sebelumnya dari kloter 1 yang tiba di tanah air, pengambilan tes swab antigen dari sampel Jemaah.

Baca Juga: Tragis, Bocah SD Depresi Hingga Meninggal Karena Disuruh Setubuhi Kucing Sambil Direkam

Namun mulai Kloter 9 nanti jemaah haji yang datang akan diswab semua. Kebijakan itu seusai dengan keputusan Menteri Kesehatan RI.

Disinggung hasil sampel swab antigen terhadap Jemaah selama ini, dia mengaku hasilnya cukup melegakan. Dari sampel jemaah kloter 1 sampai 6 kemarin, tidak ada jemaah yang diambil sampelnya itu positif.

Sarip mengatakan pihaknya saat ini siap melaksanakan keputusan Menteri Kesehatan untuk melakukan pengambilan swab secara menyeluruh kepada jemaah haji yang telah tiba. Meskipun diakui, pengambilan tes usap kepada 360 jemaah butuh waktu lama.

Baca Juga: Rutan Solo Dipastikan Pindah ke Kabupaten Sukoharjo

“Tak mudah dan butuh waktu lama serta petugas yang banyak untuk melakukan pengambilan tes usap kepada 360 orang jemaah.”

Pihaknya juga melakukan koordinasi dengan pihak terkait terutama tim kesehatan daerah. Utamanya menyiapkan perlengkapan guna mengantisipasi jika ada jemaah yang terkonfirmasi positif.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Andalkan Biogas, Warga Urutsewu Tak Perlu Beli Gas Melon

Minggu, 25 September 2022 | 05:15 WIB
X