Selewengkan Dana Nasabah, Kejari Sukoharjo Tahan Mantan Kepala Cabang BPR Cabang Bulu

- Kamis, 21 Juli 2022 | 21:30 WIB
Petugas Kejari Sukoharjo menahan mantan tersangka dugaan korupsi dana BPR BKK Cabang Bulu Sukoharjo. (SMSolo/ist)
Petugas Kejari Sukoharjo menahan mantan tersangka dugaan korupsi dana BPR BKK Cabang Bulu Sukoharjo. (SMSolo/ist)

SUKOHARJO, suaramerdeka-solo.com - Kejaksaan Negeri (Kejari) Sukoharjo, Jawa Tengah menahan SRN, tersangka kasus dugaan korupsi Bank Perkreditan Rakyat Badan Kredit Kecamatan (BPR BKK) Cabang Bulu, Kamis (21/7/2022).

SRN merupakan mantan Kepala Cabang BKK Bulu periode 2017-2019. Dia diduga melakukan penyelewengan dana nasabah dengan kerugian sekitar Rp800 juta.

Kajari Sukoharjo Hadi Sulanto didampingi Kasi Pidsus Bekti Wicaksono mengatakan, penahanan terhadap tersangka ini sudah memenuhi prosedur.

Baca Juga: Nikita Mirzani Ditangkap Polisi di Mall

Kejari sendiri telah memeriksa lebih dari 40 saksi baik nasabah maupun pegawai BKK. Kemudian dari hasil penyidikan yang dikuatkan tenaga ahli dari Provinsi Jawa Tengah dan audit internal BKK.

"SRN dilaporkan melakukan penggelapan dana kredit dan tabungan nasabah serta penggelembungan dana pinjaman dari sekitar 70 orang nasabah. Hasil audit sementara tim penyidik kejaksaan, aksi penyelewengan dana yang dilakukan tersangka selama menjabat sebagai kepala kantor cabang sedikitnya Rp800 juta," jelas Kajari.

Baca Juga: Tertipu Jual Beli Online Sebesar Rp3 Miliar, Ibu Muda di Boyolali Lapor Polisi

Modus yang dilakukan SRN di antaranya pengajuan kredit fiktif, markup atau penggelembungan nilai utang nasabah dan angsuran pinjaman nasabah tidak disetorkan ke BKK.

"Jadi tersangka ini membuka pelayanan di rumah pribadinya. Meskipun nasabah mengangsur dana pinjaman ataupun tabungan tidak tercatat dalam sistem perbankan kantor," tambah Bekti.

Baca Juga: Kantongi Identitas Penembak Istri TNI, Kapolrestabes Semarang: Percuma Sembunyi Menyerah Saja!

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Densus Ciduk Terduga Teroris di Sukoharjo

Kamis, 1 Desember 2022 | 11:50 WIB
X