Kebo Bule Keraton Solo Terjangkit PMK, Bagaimana Nasib Kirab Malam 1 Suro?

- Sabtu, 23 Juli 2022 | 08:00 WIB
Kebo bule keturunan Kiai Slamet di kandang kawasan Alun-alun Kidul Keraton Solo, Jumat (22/7/2022). (SMSolo/Agustinus Ariawan) (SMSolo/Agustinus Ariawan)
Kebo bule keturunan Kiai Slamet di kandang kawasan Alun-alun Kidul Keraton Solo, Jumat (22/7/2022). (SMSolo/Agustinus Ariawan) (SMSolo/Agustinus Ariawan)

SOLO, suaramerdeka-solo.com - Tujuh Kebo Bule keturunan Kiai Slamet milik Keraton Solo positif terjangkit Penyakit Kuku dan Mulut (PMK). Seekor Kebo Bule betina bahkan mati, lantaran penyakit tersebut.

Ketua Lembaga Dewan Adat (LDA) Keraton Solo, GKR Koes Moertiyah Wandansari atau Gusti Moeng menerangkan, kerbau yang mati itu pada Kamis (21/7/2022) itu bernama Nyai Apon.

Kerbau itu biasanya menjadi cucuk lampah atau penunjuk jalan saat Kirab Malam 1 Suro.

“Itu kerbau tertua keturunan Kiai Slamet,” katanya.

Baca Juga: Dua Penembak Istri TNI Ditangkap di Demak dan Sragen. Satu Pelaku Ditangkap Usai Akad Nikah

Wakil Pengageng Sasana Wilapa, KP Dani Nur Adiningrat, menjelaskan jika saat ini Keraton Solo memiliki 18 kerbau keturunan Kiai Slamet. Kerbau-kerbau itu biasanya dikirab pada peringatan Malam 1 Sura.

Berkaitan dengan penyelenggaraan Kirab Malam 1 Sura yang kemungkinan digelar pekan depan, Dani mengatakan jika Keraton Solo masih memantau perkembangan penanganan kebo bule tersebut.

Baca Juga: Laporan Dugaan Pembunuhan Berencana Brigadir J, Naik Penyidikan

“Tiap hari ada dokter hewan yang mengawasi kondisinya. Kami akan tetap mengikuti saran dari dokter hewan, apakah memungkinkan yang terkena PMK itu bisa ikut atau harus diambilkan (kerbau) dari kandang lain yang tidak terkena.”

Kepastian Kebo Bule yang akan dikirab dalam peringatan Malam 1 Suro tersebut, kata Dani, masih akan diambil beberapa hari ke depan.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Woro, Nella dan Paramitha Bakal Tampil di Purbayan

Kamis, 1 Desember 2022 | 21:30 WIB

LAPAN RI Jateng Desak Hentikan Semua Penambangan

Rabu, 30 November 2022 | 21:16 WIB

Pospenas Solo, Banyak Siswa Antusias Ikut Lomba Pidato

Jumat, 25 November 2022 | 10:10 WIB
X