Upaya Tangani Stunting, Unisri Beri Pelatihan Budi Daya Lele dan Sayuran

- Senin, 25 Juli 2022 | 06:41 WIB
Warga Mojosongo menerima bantuan bibit lele dan tanaman sayur sebagai upaya mengentaskan stunting dari wilayah itu.  (SMSolo/Evie Kusnindya)
Warga Mojosongo menerima bantuan bibit lele dan tanaman sayur sebagai upaya mengentaskan stunting dari wilayah itu. (SMSolo/Evie Kusnindya)

SOLO, suaramerdeka-solo.com - Fakultas Teknologi dan Industri Pangan (Fatipa) Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta menyelenggarakan pelatihan budidaya ikan lele dan budidaya tanaman sayur di Kelurahan Mojosongo, Solo.

Pada kesempatan itu juga diserahkan 1.750 bibit lele dari Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Solo kepada Fatipa Unisri, yang selanjutnya bibit lele tersebut dibagikan kepada keluarga penderita stunting.

Kegiatan itu merupakan rangkaian kegiatan penanganan stunting, kerja sama Dinas dan Puskesmas Sibela, serta Kelurahan Mojosongo.

Baca Juga: Angka Stunting Indonesia Masih 27 Persen, Salah Satu Yang Tertinggi Di Dunia

Isnaini Marfuah dari Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan mengemukakan, budi daya ikan lele dalam ember adalah alternatif bagi pemenuhan gizi keluarga stunting, baik untuk kecukupan gizi maupun kegiatan ekonomi.

"Ini mudah dilakukan di dalam rumah dan tidak membutuhkan lahan yang luas. Pakan juga dapat menggunakan sisa-sisa makanan yang ada di rumah," kata Isnaini.

Sementara itu terkait budidaya tanaman sayur, narasumber lainnya, Muhammad Ma’ruf menyampaikan, budidaya tanaman sayur harus telaten.

Baca Juga: Cegah Stunting di Boyolali, Tanggung Jawab Pemerintah dan Masyarakat

Sub Koordinator Perikanan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Atik Silviati mengapresiasi kegiatan penanganan stunting itu.

Pihaknya senang karena dapat berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pospenas Solo, Banyak Siswa Antusias Ikut Lomba Pidato

Jumat, 25 November 2022 | 10:10 WIB

Begini Kronologi Adu Jotos Peserta Munas Hipmi di Solo

Selasa, 22 November 2022 | 15:11 WIB

Memalukan! Peserta Munas Hipmi di Solo Adu Jotos

Selasa, 22 November 2022 | 09:27 WIB
X