Sabtu, Gunung Kemukus Gelar Ritual 1 Sura Larab Slambu Pangeran Samudro

- Selasa, 26 Juli 2022 | 13:21 WIB
Objek wisata religi Gunung Kemukus, Sragen yang sudah berubah wajah dan megah serta dikunjungi sebagai objek wisata keluarga.  (SMSolo/Basuni Hariwoto)
Objek wisata religi Gunung Kemukus, Sragen yang sudah berubah wajah dan megah serta dikunjungi sebagai objek wisata keluarga. (SMSolo/Basuni Hariwoto)

SRAGEN, suaramerdeka-solo.com - Objek Wisata Gunung Kemukus kembali menggelar tradisi Larab Slambu Pangeran Samudro, pada Sabtu (30/7/2022).

Tanggal itu bertepatan dengan 1 Muharram 1444 H atau 1 Sura 1444 tahun Jawa.

Larab Slambu adalah ritual mencuci kain penutup makam Pangeran Samudro dan Dewi Ontrowulan yang dimakamkan di Gunung Kemukus. Tahun ini ritual tahunan ini digelar mulai pukul 09.00 WIB.

Saat pandemi Covid 19, tradisi rutin tahunan itu pernah ditiadakan untuk umum.

Baca Juga: Ngalap Berkah di Gunung Kemukus, Agar Harapan Tidak Pupus

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Yuniarti mengatakan, Larab Slambu Pangeran Samudro memang menjadi tradisi tahunan yang digelar setiap 1 Suro tahun Jawa.

Larab Slambu di Gunung Kemukus adalah tradisi mencuci kain penutup makam Pangeran Samudro dan Dewi Ontrowulan,” kata Yuniarti.

Setelah acara ritual pagi hari, pada Sabtu (30/7/2022) malam mulai pukul 20.00 WIB digelar pentas Ketoprak Cipto Budoyo dengan lakon Duto Pinilih.

Baca Juga: Rebranding, Menghapus Mitos Kelam Gunung Kemukus

Ketoprak yang bercerita tentang sejarah Pangeran Samudro dan Dewi Ontrowulan itu digelar di Promenade Gunung Kemukus.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X