Sekali Razia, 37 Surat Tilang Dilayangkan Termasuk Bagi Kendaraan Over Dimensi

- Rabu, 27 Juli 2022 | 19:42 WIB
Petugas Satlantas Polres Karanganyar merazia kendaraan pengangkut barang yang over dimensi dan over load di pertigaan exit Tol Kebakkramat, Rabu (27/7/2022). ( SMSolo/dok)
Petugas Satlantas Polres Karanganyar merazia kendaraan pengangkut barang yang over dimensi dan over load di pertigaan exit Tol Kebakkramat, Rabu (27/7/2022). ( SMSolo/dok)

KARANGANYAR, suaramerdeka-solo.com - Sebanyak 37 lembar surat tilang dilayangkan petugas Satlantas Polres Karanganyar terhadap pengguna jalan yang melanggar aturan, pada razia pelanggaran kasat mata di simpang tiga Exit Tol Kebakkramat, Rabu (27/7/2022).

Target utama razia tersebut adalah kendaraan pengangkut barang yang overdimensi dan overmuatan, yang melintas di jalan raya Solo-Sragen, serta hendak masuk pintu tol Kebakkramat.

Beberapa kendaraan roda dua yang berknalpot brong dan tidak memasang spion juga terjaring dalam razia tersebut.

Baca Juga: Razia Knalpot Brong Diintensifkan Lagi di Tawangmangu, 28 Sepeda Motor Diamankan

Kanit Turjawali Satlantas Polres Karanganyar Iptu Marindra, yang memimpin kegiatan tersebut menjelaskan, kendaraan pengangkut barang yang over dimensi dan overload sangat membahayakan.

"Membahayakan kendaraan itu sendiri, juga pengguna jalan lain," katanya, mewakili Kasatlantas AKP Yulianto.

Biasanya, kendaraan over dimensi dan over load mengangkut muatan seperti pipa pralon, besi baja ringan, batu, pasir dan lainnya.

Baca Juga: Viral! Terjaring Razia, Remaja Hancurkan Knalpot Brong-nya Sendiri dengan Memukulkannya di Pohon

"Jika kendaraan itu berhenti mendadak, muatannya bisa jatuh atau terlepas dari bak muatan. Ini bisa mengenai pengguna jalan lain dan berakibat fatal," jelasnya.

Kendaraan yang overload juga berpotensi menyebabkan terjadinya rem blong, saat melaju dalam kecepatan tinggi atau di jalan menurun.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

CFD Colomadu Dimulai, Ribuan Warga Menyemut

Minggu, 25 September 2022 | 16:46 WIB
X