Jelang Hari Jadi Klaten, Digelar Ziarah ke Makam Para Pendiri Klaten

- Rabu, 27 Juli 2022 | 20:26 WIB
Bupati Sri Mulyani, Wakil Bupati Yoga Hardaya, Forkopimpa dan para pejabat melakukan ziarah ke makam Ki Ageng Pandanaran.  (SMSolo/Merawati Sunantri)
Bupati Sri Mulyani, Wakil Bupati Yoga Hardaya, Forkopimpa dan para pejabat melakukan ziarah ke makam Ki Ageng Pandanaran. (SMSolo/Merawati Sunantri)

KLATEN, suaramerdeka-solo.com – Menjelang puncak peringatan Hari Jadi Ke-218 Kabupaten Klaten, dilakukan ziarah ke makam para pendiri dan pemimpin di awal daerah itu, Rabu (27/7/2022).

Tradisi ziarah yang biasanya dilakukan seusai upacara 28 Juli, kini dilaksanakan sehari sebelum upacara. Tradisi tersebut wajib diikuti Bupati, Wakil Bupati dan pejabat Pemkab Klaten.

Bupati Sri Mulyani, Wakil Bupati Yoga Hardaya, jajaran Forkopimda, PJ Sekda Klaten Jajang Prihono, staf ahli, pimpinan OPD, para camat dan pihak terkait lainnya.

Baca Juga: 500 Pemanah Jawa-Bali Meriahkan Gladhen Ageng Jemparingan Hari Jadi Klaten

Pertama, rombongan berziarah ke makam Kiai Mlati di Kampung Sekalekan Kelurahan Kabupaten, Kecamatan Klaten Tengah. Kiai Mlati dikenal sebagai cikal bakal berdirinya Kabupaten Klaten.

Kemudian rombongan menuju Makam Bupati I Panembahan Agung KRT Mangku Negoro dan Bupati Klaten kedua, KRT Soerodirjo di Kajoran, Jimbung, Kecamatan Kalikotes.

Selanjutkan, rombongan menuju Makam Ki Ageng Pandanaran di Desa Paseban, Kecamatan Bayat. Dan terakhir ke Makam Bupati III RT Mangundilaga II di Desa Semangkak, Kecamatan Klaten Tengah.

Baca Juga: Sambut Hari Jadi ke-218, Pemkab Klaten Bagikan Seribu Paket Sembako

‘’Alhamdulillah, hari ini kami sudah melakukan ziarah ke makam Eyang Melati, Makam Bupati I dan Bupati II di Kajoran, makam Ki Ageng Pandanaran dan makam Bupati ketiga di Semangkak. Ini kali pertama berziarah ke Makam Ki Ageng Pandanaran,’’ kata Bupati Sri Mulyani.

Saat tiba di komplek Makam Ki Ageng Pandanaran, rombongan disambut kesenian reog dan masyarakat setempat. Makam Ki Ageng Pandanaran merupakan potensi wisata religi Klaten yang membanggakan.

‘’Sebenarnya ide untuk ziarah ke Makam Ki Ageng Pandanaran sudah sejak 2 tahun lalu, tapi karena pandemi dan ada pembatasan, maka baru tahun ini bisa terlaksana,’’ ujar Sri Mulyani.

Baca Juga: Ini di Klaten. Ada Puluhan Panti Pijat, Hanya 18 yang Kantongi Izin

Mulai tahun ini, ziarah ke Makam Ki Ageng Pandanaran akan masuk agenda rutin ziarah dalam rangka peringatan Hari Jadi Kabupaten Klaten.

Sri Mulyani menambahkan, ziarah merupakan penghormatan para leluhur dan sesepuh yang telah berjuang, membangun dan mempertahankan Kabupaten Klaten. Kiprah pendahulu bisa menjadi motivasi bagi generasi penerus.

Dalam kesempatan itu, Bupati, Wakil Bupati dan Forkopimda menyerahkan bingkisan kepada para juru kunci makam. Selain itu, juga dibagikan paket sembako kepada warga sekitar.**

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

4.000 Santri Klaten Ikuti Munaqosyah. Apa Itu?

Selasa, 29 November 2022 | 05:25 WIB
X