Verfak Parpol Pada 15 Oktober-4 November, KPU Kabupaten Bersifat Menunggu

- Kamis, 28 Juli 2022 | 20:57 WIB
Paparan teknis dari KPU Karanganyar dalam Rapat Koordinasi Tahapan Pendaftaran Verifikasi dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilu 2024 di Gedung Setda Karanganyar, Kamis (28/7/2022).  (SMSolo/Irfan Salafudin)
Paparan teknis dari KPU Karanganyar dalam Rapat Koordinasi Tahapan Pendaftaran Verifikasi dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilu 2024 di Gedung Setda Karanganyar, Kamis (28/7/2022). (SMSolo/Irfan Salafudin)

KARANGANYAR, suaramerdeka-solo.com - Pelaksanaan verifikasi faktual (verfak) partai politik (Parpol) untuk peserta Pemilu 2024, berbeda dengan verfak pada pemilu sebelumnya.

Pada pelaksanaan tahun ini, verifikasi keanggotaan partai akan melalui metode sampling, di mana jumlah sampel dan nama anggota yang perlu diverikasi ditentukan KPU RI.

Verfak tahun ini, partai juga tidak perlu menyerahkan berkas-berkas dan dokumen keanggotaan partai ke KPU kabupaten.

Baca Juga: KPU Targetkan Tanggal 14 Juni Tahapan Pemilu Sudah Dimulai

Sebab, mekanisme pengumpulan berkas terpusat di KPU RI. Sehingga partai di kabupaten menyerahkan berkas ke kepengurusan di atasnya, untuk kemudian diteruskan ke pusat dan kepengurusan di pusat yang menyerahkannya ke KPU RI.

Hal itu disampaikan Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Karanganyar Muhammad Maksum, di sela Rapat Koordinasi Tahapan Pendaftaran Verifikasi dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilu 2024 di Ruang Podang Gedung Setda Karanganyar, Kamis (28/7/2022).

"Sesuai jadwal, pelaksanaan verfak berlangsung 15 Oktober hingga 4 November 2022. KPU Karanganyar akan melakukan verfak berdasarkan data yang muncul di Sipol (Sistem Informasi Politik). Berapa partai yang mendaftar dan jumlah anggotanya," katanya.

Baca Juga: KPU Karanganyar Canangkan Zona Integritas, Ubah Budaya Kerja Menjadi Lebih Baik

Petugas nanti akan mendatangi kantor partai bersangkutan, memverifikasi kepengurusan partai, juga keanggotaannya. "Terutama untuk partai baru dan partai yang tidak lolos parlementary threshold," lanjutnya.

Dia menambahkan, dalam pelaksanaan verfak tahun ini, KPU di kabupaten/kota bersifat menunggu. Sebab, semua mekanisme terpusat di KPU RI.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

CFD Colomadu Dimulai, Ribuan Warga Menyemut

Minggu, 25 September 2022 | 16:46 WIB
X