Diduga Menjadi Anggota Parpoi, Kades Petung Diberi Sanksi

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 18:32 WIB
Kades Petung Dwi Santoso (kiri) diklarifikasi Camat Jatiyoso Heru Joko Sulistyono (kanan), terkait dugaan keterlibatannya sebagai anggota partai, Senin (1/8) lalu. (SMSolo/dok) (SMSolo/dok)
Kades Petung Dwi Santoso (kiri) diklarifikasi Camat Jatiyoso Heru Joko Sulistyono (kanan), terkait dugaan keterlibatannya sebagai anggota partai, Senin (1/8) lalu. (SMSolo/dok) (SMSolo/dok)

KARANGANYAR, suaramerdeka-solo.com - Kepala Desa (Kades) Petung Dwi Santoso mendapat sanksi peringatan pertama, karena ditengarai menjadi anggota salah satu partai politik.

Kades di wilayah Kecamatan Jatiyoso itu juga diberi waktu 30 hari untuk mundur dari keanggotaannya di partai. Surat peringatan untuk Kades Petung itu telah diberikan pada 1 Agustus lalu.

Surat yang ditandatangani Camat Jatiyoso Heru Joko Sulistyono tertanggal 1 Agustus 2022 diberikan, setelah yang bersangkutan diklarifikasi dan mengakui bahwa dirinya menjadi anggota salah satu partai.

Baca Juga: Begini Modus Kades Lambangsari Tilap Ratusan Juta Uang Warganya

Surat tersebut ditembuskan pada Bupati Karanganyar, Inspektorat, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermasdes) dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Petung.

Bupati Juliyatmono saat dikonfirmasi membenarkan adanya peristiwa tersebut. Menurutnya, secara aturan, kades dilarang menjadi pengurus ataupun anggota parpol.

Merujuk pada Perda 19/2015 tentang Desa yang telah diubah beberapa kali, terakhir Perda 15/2018 disebutkan, kades dilarang menjadi pengurus partai dan ikut terlibat dalam kampanye pemilu ataupun pilkada.

Baca Juga: Korban Kerusuhan Suporter di Yogyakarta Meninggal Dunia

"Aturannya seperti itu. Jika yang bersangkutan nanti akan maju dalam pemilu legislatif, ya harus izin atau mengajukan cuti untuk menjadi calon anggota DPRD," katanya, Rabu (3/8).

Jika terlibat dalam keanggotaan partai, maka secara etika, kades juga harus mengajukan permohonan izin cuti dari jabatannya.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

CFD Colomadu Dimulai, Ribuan Warga Menyemut

Minggu, 25 September 2022 | 16:46 WIB
X