Ganjar Ajak Warga Cepogo, Boyolali Merawat Bersama Sumber Air

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 16:00 WIB
Gubernur Ganjar meninjau Sendang Jangkang di kawasan Sendang Pitu, Desa Cabeankunti, Kecamatan Cepogo. (SMSolo/Joko Murdowo)
Gubernur Ganjar meninjau Sendang Jangkang di kawasan Sendang Pitu, Desa Cabeankunti, Kecamatan Cepogo. (SMSolo/Joko Murdowo)

BOYOLALI, suaramerdeka-solo.com - Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengajak seluruh masyarakat untuk aktif menjaga sumber air di lingkungan masing- masing. Yaitu melalui kegiatan konservasi dan penanaman pohon.

Hal itu diungkapkan Ganjar saat menghadiri acara Ritual Ruwat Rawat Patirtan di Sendang Pitu Desa Cabeankunti, Kecamatan Cepogo, Kamis (4/8).

Ritual yang digelar Boyolali Heritage Society (BHS) bersama masyarakat setempat sebagai usaha pelestarian Sendang Pitu yang juga menjadi cagar budaya.

Baca Juga: Seorang Siswi di SMAN 1 Banguntapan Diduga Dipaksa Memakai Jilbab, Dikabarkan Depresi Berat

Menurut Ganjar, tak hanya menjaga dan menata sumber air yang sudah ada. Namun kini saatnya masyarakat untuk menghidupkan sumber air yang sudah mati.
Termasuk menciptakan sumber air baru untuk mencukupi kebutuhan masyarakat sekitar.

“Yang sudah ada dirawat dan mari lakukan konservasi dan penanaman pohon. Kegiatan ini bisa dilakukan dengan menjalin kerjasama dengan lembaga lain termasuk perguruan tinggi,” katanya.

Baca Juga: Bharada E Ditetapkan sebagai Tersangka

Pihaknya juga menyambut positif kegiatan Ritual Ruwat Rawat Patirtan di Sendang Pitu.

“Ini bagus, mudah- mudahan sumber air yang ada semakin terpelihara dengan baik. Kami juga harapkan, bisa dikembangkan sebagai desa wisata. Pemandangan bagus, kalau soal pengerjaan fisik bisa dikerjakan bertahap.”

Ketua BHS, Kusworo Rahadyan mengungkapkan, Ruwat Rawat Patirtan untuk pelestarian tradisi budaya Iriban Tuk atau sumber air.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Andalkan Biogas, Warga Urutsewu Tak Perlu Beli Gas Melon

Minggu, 25 September 2022 | 05:15 WIB

Penemuan Mayat Kagetkan Warga Desa Pelem, Kecamatan Simo

Sabtu, 17 September 2022 | 13:42 WIB

Seratusan Mahasiswa Geruduk DPRD Boyolali, Ada Apa?

Rabu, 14 September 2022 | 13:20 WIB
X