Bawaslu Karanganyar Luncurkan Film Dadi Awu dan Buku Sejarah Pengawas Pemilu

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 18:56 WIB
Ketua Bawaslu Karanganyar Nuning Ritwanita Priliastuti menyerahkan buku "Tinta Sejarah Pengawas Pemilu Kabupaten Karanganyar" kepada Kordiv Penanganan Pelanggaran Bawaslu Jateng Sri Wahyuningsih di Perpustakaan Daerah Karanganyar, Jum'at (5/8) malam.  (SMSolo/Irfan Salafudin)
Ketua Bawaslu Karanganyar Nuning Ritwanita Priliastuti menyerahkan buku "Tinta Sejarah Pengawas Pemilu Kabupaten Karanganyar" kepada Kordiv Penanganan Pelanggaran Bawaslu Jateng Sri Wahyuningsih di Perpustakaan Daerah Karanganyar, Jum'at (5/8) malam. (SMSolo/Irfan Salafudin)

KARANGANYAR, suaramerdeka-solo.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Karanganyar meluncurkan buku dan film pendek yang akan melengkapi bahan sosialisasi pengawasan pemilu di Bumi Intanpari.

Buku berjudul "Tinta Sejarah Pengawas Pemilu Kabupaten Karanganyar" berisi berbagai peristiwa penegakan aturan kepemiluan yang pernah dialami personel Panwaslu hingga Bawaslu dalam rentang 2003-2018.

Sedangkan film pendek "Dadi Awu" dibuat berdasarkan kisah nyata kasus pidana pemilu yang pernah terjadi pada Pilkada Karanganyar 2018. Kasus itu akhirnya diselesaikan secara hukum hingga inkrah.

Baca Juga: Paryono: Pemilu Masih Jauh, Tidak Usah Bicara Pemilu. Lebih Baik Kerja Kerakyatan

Sutradara dan pemeran film berdurasi 17 menit itu adalah komisioner Bawaslu Karanganyar dan personel sekretariat. Film diikutkan dalam lomba film pendek Bawaslu Provinsi Jateng yang diikuti 35 kabupaten/kota di Jateng.

Seremoni peluncuran buku dan film tersebut digelar Jum'at (5/8/2022) malam di Ruang Audio Visual Perpustakaan Daerah Karanganyar.

Ketua Bawaslu Karanganyar Nuning Ritwanita Priliastuti mengatakan, peluncuran buku dan fillm memanfaatkan momentum hari ulang tahun Bawaslu yang diperingati setiap 15 Agustus.

Baca Juga: Bawaslu dan Polres Sukoharjo Akan Bersinergi Kawal Tahapan Pemilu

"Empat tahun perjalanan Bawaslu Karanganyar, masih harus banyak belajar. Mohon dukungan semua pihak agar tetap bisa bertugas sesuai kewenangan kami dalam pengawasan, penanganan pelanggaran dan sengketa pemilu," kata Nuning.

Dikatakannya, buku "Tinta Sejarah Pengawas Pemilu Kabupaten Karanganyar" akan menjadi jejak sejarah tentang dinamika pengawasan pemilu di Karanganyar, yang bisa menjadi referensi dalam penanganan kasus.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

CFD Colomadu Dimulai, Ribuan Warga Menyemut

Minggu, 25 September 2022 | 16:46 WIB
X