Japili di Kali Ujung: Perlu Terpadu Menjaga Sungai dari Hulu Sampai Hilir

- Minggu, 7 Agustus 2022 | 09:32 WIB
Guru Besar UGM Prof Suratman dan Kepala Sekolah Sungai Jaka Sawaldi hadir pada Japili di tepi Kali Ujung. (SMSolo/Merawati Sunantri)
Guru Besar UGM Prof Suratman dan Kepala Sekolah Sungai Jaka Sawaldi hadir pada Japili di tepi Kali Ujung. (SMSolo/Merawati Sunantri)

KLATEN, suaramerdeka-solo.com – Sangat penting, menjaga dan merawat kelestarian sungai secara terpadu dari hulu sampai hilir. Perlu dilakukan sinergi dalam aksi pentahelix dengan melibatkan seluruh elemen.

‘’Merawat sungai jangan sepotong-sepotong, sungai harus kita rawat bersama mulai dari hulu sampai hilir,’’ kata Guru Besar Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Prof Suratman.

Hal itu dia tegaskan pada sarasehan dan jagongan pinggir kali (Japili) yang dihadiri relawan peduli sungai se-Klaten di Taman Selamat Datang Desa Gadungan Kecamatan Wedi, Klaten, di tepi Kali Ujung, Jumat (5/8/2022) malam.

Baca Juga: Sungai Perengsari Diduga Tercemar Pertamax, DLH Sukoharjo Minta SPBU Bongkar Tangki Penampungan

Kegiatan yang diselenggarakan Sekolah Sungai Klaten bekerja sama dengan Forum Relawan Wedi (Foredi) itu digelar untuk menyambut peringatan KE-77 Kemerdekaan RI.

Hadir, Kepala Sekolah Sungai Klaten Jaka Sawaldi sebagai nara sumber, Ketua BPBD Klaten Sri Winoto dan anggota DPRD Klaten Heri Wibawa.

Pada prinsipnya, upaya menjaga sungai dikembalikan kepada UUD 1945, dengan melakukan pencanangan program-program yang dapat menolong kelestarian alam agar para relawan menyatu dan peduli.

Baca Juga: Sekolah Sungai Klaten Gelar Diskusi dengan BBWSBS

‘’Perlu didorong dan dilakukan percepatan, agar setiap desa membuat Perdes tentang pengelolaan sampah sesuai rekomendasi Kongres Sampah ke-2 di Desa Bugisan, Prambanan, Klaten,’’ ujar Suratman.

Jaka Sawaldi mengajak seluruh unsur bersama mewujudkan sungai di Klaten sebagai sungai terbersih di dunia tahun 2045. Kepedulian dan kegotong royongan menjadi modal utama.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Yaspim Klaten Gelar Aksi 'September Ceria 2022'

Senin, 26 September 2022 | 21:37 WIB

Total DBHCHT Klaten Tahun 2022 Mencapai Rp 23,139 Miliar

Jumat, 23 September 2022 | 14:37 WIB

PDAM Tirta Merapi Klaten Akan Menjadi Perumda Air Minum

Kamis, 22 September 2022 | 10:47 WIB

Ganjar Canangkan 38 Desa Bersih Narkoba di Klaten

Senin, 19 September 2022 | 19:42 WIB
X