Nakes Boyolali Mulai Memperoleh Vaksin Booster Kedua

- Minggu, 7 Agustus 2022 | 20:14 WIB
Kepala Dinkes Boyolali, Puji Astuti.  (SMSolo/Joko Murdowo)
Kepala Dinkes Boyolali, Puji Astuti. (SMSolo/Joko Murdowo)

BOYOLALI, suaramerdeka-solo.com - Dinkes Boyolali mulai melakukan vaksinasi booster kedua Covid-19 untuk tenaga kesehatan (Nakes). Pelaksanaan vaksinasi difokuskan di masing-masing fasilitas kesehatan (faskes).

“Sebanyak 3.658 nakes menjadi sasaran vaksinasi booster kedua ini. Tenaga vaksinator juga harus membagi tugas untuk pelayanan vaksin booster masyarakat serta booster kedua nakes,” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Boyolali, Puji Astuti, Minggu (7/8/2022).

Dia menjelaskan, pelaksanaan vaksin booster kedua sudah berjalan sejak beberapa hari terakhir.

Baca Juga: Dinkes Boyolali akan Sisir Sekolah dan Ponpes Untuk Vaksin Booster

“Sasaran booster kedua untuk nakes. Prinsipnya, semua vaksin yang ada bisa digunakan untuk pelaksanaan vaksin Covid-19 baik dosis 1, 2, 3 maupun 4.”

Pelaksanaan vaksinasi juga telah dikoordinasikan dengan faskes terkait. Termasuk nakes di puskesmas langsung mendapatkan vaksin.

Vaksin booster kedua itu memang diprioritaskan bagi nakes. Sedangkan vaksin booster masyarakat juga terus digeber.

Baca Juga: Awal Suro, Tiga Kecelakaan Maut Terjadi di Boyolali. Ada Apa ?

Dia menambahkan, sesuai anjuran Kemenkes, jika booster pertama menggunakan vaksin Sinovac. Maka booster kedua bisa dengan separuh dosis Astrazeneca atau Pfizer. Atau dosis penuh Moderna, Sinopharm dan Sinovac.

“Kemudian, jika booster pertama jenis Astrazeneca. Maka booster keduanya bisa dengan separuh dosis Moderna atau Pfizer atau dosis penuh AstraZeneca,” jelas dia.

Kemudian untuk Pfizer, maka booster kedua bisa dengan dosis penuh Pfizer atau AstraZeneca, atau separuh dosis Moderna. Kemudian jika booster pertama Moderna, maka bisa mendapatkan booster kedua Moderna sebanyak separuh dosis.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Andalkan Biogas, Warga Urutsewu Tak Perlu Beli Gas Melon

Minggu, 25 September 2022 | 05:15 WIB
X