Sambut HUT RI di Boyolali, TNI/Polri Bersih-bersih Patung Pahlawan

- Selasa, 9 Agustus 2022 | 11:44 WIB
Petugas Damkar Boyolali menyemprotkan air ke patung Sukarno agar mudah dibersihkan.  (SMSolo/Joko Murdowo)
Petugas Damkar Boyolali menyemprotkan air ke patung Sukarno agar mudah dibersihkan. (SMSolo/Joko Murdowo)

BOYOLALI, suaramerdeka-solo.com - Ratusan anggota TNI Polri bersama organisasi perangkat daerah (OPD) dan ormas bersih-bersih patung pahlawan di kompleks perkantoran Setda Terpadu dan TMP Sonolayu, Boyolali, Selasa (9/8/2022). Kegiatan dilakukan untuk menyambut HUT Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2022.

Aksi bersih-bersih diawali dari Boulevard Patung Soekarno pukul 09.00 WIB. Pembersihan dilakukan dengan menggunakan sebuah mobil saddle lift untuk pemeliharaan lampu penerangan jalan. Pasalnya, posisi patung cukup tinggi.

Tak hanya digosok dengan kain lap basah, patung juga digosok dan disemprot menggunakan air oleh petugas Damkar.

Baca Juga: Pemkab Wonogiri Anggarkan Rp 400 Juta untuk Merayakan Kemerdekaan RI

Selain patung Soekarno, dua patung lain yang dibersihkan adalah patung Jendral Sudirman dan Ahmad Yani. Taman di sekitar patung juga dibersihkan. Sampah yang ada disapu dan rumput liar dibersihkan dengan sabit.

Menurut Dandim 0724 Boyolali Letkol Arm Ronald Siwabessy, kegiatan bertema Merti Bangsa itu demi mengingatkan generasi muda dalam merawat kemerdekaan. Sebab, kemerdekaan Indonesia tak lepas dari peran para pahlawan. Yaitu dengan belajar dan bekerja secara giat.

“Kegiatan bertema Merti Bangsa untuk mengingatkan generasi muda masa kini. Bahwa kemerdekaan tak lepas dari peran pahlawan,” katanya disela aksi pembersihan.

Baca Juga: Jelang HUT RI, Bros Merah Putih Buatan Anis Laris Manis

Ada sekitar 180 personel gabungan dari TNI/Polri, Polres, ormas dan Pemkab Boyolali yang terlibat. Rinciannya, TNI sebanyak 80 personel, Polri 40 personel, Banser 10 personel, LDII 10 personel, MTA 10 personel, IKRI 10 personel dan Pemuda Pancasila 10 personel.

“Kami berharap, kegiatan ini mampu menginternalisasi nilai-nilai perjuangan pahlawan pada generasi muda. Sehingga mereka sadar dan mampu menanamkan, serta mengaplikasikan nilai-nilai pahlawan.”

Kapolres Boyolali AKBP Asep Mauludin menambahkan, pihaknya mendukung kegiatan yang digagas Kodim 0724 Boyolali.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Andalkan Biogas, Warga Urutsewu Tak Perlu Beli Gas Melon

Minggu, 25 September 2022 | 05:15 WIB
X