Tasyakuran Jamaah Haji Klaten, Sebaik-baiknya Jihad Adalah Haji yang Mabrur

- Selasa, 9 Agustus 2022 | 14:42 WIB
Bupati Sri Mulyani dan Wakil Bupati Yoga Hardaya menyerahkan kartu Ikatan Persaudaraan Haji kepada perwakilan haji tahun 2022.  (SMSolo/Merawati Sunantri)
Bupati Sri Mulyani dan Wakil Bupati Yoga Hardaya menyerahkan kartu Ikatan Persaudaraan Haji kepada perwakilan haji tahun 2022. (SMSolo/Merawati Sunantri)

KLATEN, suaramerdeka-solo.com – Menunaikan ibadah haji berarti sedang melakukan jihad fisabilillah yang diwujudkan dalam amal perbuatan. Dan sebaik-baiknya jihad adalah haji yang mabrur.

Hal itu ditegaskan KH Mochtar Ansori pada Tasyakuran Kedatangan Jamaah Haji Kabupaten Klaten yang digelar di Pendapa Pemkab Klaten, Selasa (9/8/2022). Tahun 2022, ada 493 jamaah haji Klaten yang semuanya pulang dengan selamat.

‘’Njenengan semua berhaji itu jihad fisabilillah dan sebaik-baiknya jihad adalah haji yang mabrur. Mau berangkat harus daftar, butuh biaya dan menunggu. Ada yang 10 atau 12 tahun baru berangkat,’’ ujar Mochtar Ansori.

Baca Juga: Alhamdulillah. Jamaah Haji Karanganyar Kloter 25 Sudah Kembali. Semuanya Sehat dan Negatif Covid-19

Ada yang berniat pergi dengan keluarga, ada yang suami dulu istrinya belakangan. Ada yang mau antar orang tua, tapi karena dibatasi umur maka terpaksa orang tuanya pergi belakangan.

‘’Ada yang sudah siap berangkat, tahu-tahu hamil. Ada yang kecelakaan menjelang keberangkatan. Pergi haji harus meninggalkan keluarga, anak, orang tua dan meninggalkan pekerjaan. Itu perjuangan menunaikan haji,’’ ujar Mochtar Ansori.

Ibadah haji adalah ibadah fisik yang penuh perjuangan, baik saat tawaf, sai, lempar jumroh dan berjalan dari hotel ke masjid.

‘’Insya Allah setiap dirham yang dikeluarkan akan diganti 700 kelipatannya,’’ ujar dia.

Baca Juga: Jika Kuota Jamaah Dinaikkan, Jateng Butuh Tambahan Asrama Haji

Acara yang diselenggarakan Pemkab Klaten itu dihadiri Bupati Klaten Sri Mulyani, Wakil Bupati Yoga Hardaya, Forkopimda Klaten, tokoh agama Islam dan tamu undangan, serta 493 jamaah haji Klaten 2022.

Bupati Klaten Sri Mulyani bersyukur, seluruh jamaah Klaten bisa tiba di kampung halaman dalam kondisi selamat dan sehat.

‘’Alhamdulillah, seluruh jamaah haji Klaten pulang selamat dan Insya Allah menjadi haji mabrur. Saya dengar, ada jamaah haji Klaten yang meninggal seminggu setelah tiba dari Tanah Suci, semoga husnul khotimah,’’ ujar dia.

Baca Juga: Kabar Duka, Seorang Jamaah Haji Embarkasi Solo Meninggal di Pesawat

Dia berpesan agar jamaah haji Klaten senantiasa menjaga kemabruran hajinya dan memberi pengaruh positif bagi diri sendiri dan lingkungannya, baik dalam pola pikir, tutur kata dan tindak tanduk yang makin arif dan tawadhu.

Ketua Panitia Pemberangkatan dan Pemulangan Haji (P3H) Klaten 2022, Joko Purwanto mengatakan, Pemkab Klaten berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk jamaah haji.

Tahun ini, ada 493 jamaah haji asal Klaten yang berangkat dalam tiga kloter, semuanya pulang dalam kondisi selamat dan sehat.**

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Yaspim Klaten Gelar Aksi 'September Ceria 2022'

Senin, 26 September 2022 | 21:37 WIB

Total DBHCHT Klaten Tahun 2022 Mencapai Rp 23,139 Miliar

Jumat, 23 September 2022 | 14:37 WIB

PDAM Tirta Merapi Klaten Akan Menjadi Perumda Air Minum

Kamis, 22 September 2022 | 10:47 WIB

Ganjar Canangkan 38 Desa Bersih Narkoba di Klaten

Senin, 19 September 2022 | 19:42 WIB
X