Koleksi Perpustakaan di Seluruh Indonesia Minim. Mengapa?

- Selasa, 9 Agustus 2022 | 15:23 WIB
Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia (KPDI) ke-13 tahun 2022 di The Sunan Hotel Solo.  (SMSolo/)
Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia (KPDI) ke-13 tahun 2022 di The Sunan Hotel Solo. (SMSolo/)

SOLO, suaramerdeka-solo.com - Jumlah koleksi pada seluruh perpustakaan di Indonesia ‘’hanya’’ sebanyak 28 juta eksemplar atau 18 persen dari jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 270,2 juta.

Idealnya, seperti di negara-negara maju, jumlah buku minimal dua kali lipat dari total penduduknya.

Karena itu, Perpustakaan Nasional mendorong para penulis baru untuk menambah jumlah pustaka nasional yang jumlahnya masih sangat minim.

Baca Juga: Pengelolaan Naskah Kuno di Perpustakaan Penting. Mengapa?

"Kami berupaya mengundang penulis penulis baru agar koleksi pustaka bertambah. Kami juga gencar melakukan promosi digital publishing, sehingga penulis cukup mencetaknya dalam bentuk digital, " kata Joko Santosa, Kabiro Perencanaan dan Keuangan Perpustakaan Nasional (Perpusnas).

Hal itu disampaikan pada Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia (KPDI) ke-13 tahun 2022 di The Sunan Hotel Solo dan UPT Perpustakaan UNS Solo, 9-11 Agustus 2022.

Burhanuddin Harahap dari UPT Perpustakaan UNS menyebut, perpustakaan berperan meningkatkan kemampuan literasi SDM untuk mewujudkan ekosistem digital nasional.

Baca Juga: Baru Punya 58.000 Buku, Perpustakaan Daerah Klaten Terus Tambah Koleksi

Sayangnya, saat ini teknologi digital lebih banyak diakses oleh kalangan masyarakat menengah ke atas. Kalangan marginal sendiri masih sangat sedikit memanfaatkan perpustakaan digital sebagai sumber pengetahuan.

Di sisi lain, peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) unggul yang memiliki kemampuan adaptasi teknologi sangat dibutuhkan, guna mendukung pelaksanaan tranformasi ekonomi berbasis digital.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Diterjang Arus Bengawan Solo, Jembatan Sesek Hanyut

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 10:25 WIB

Abipraya Arena Diluncurkan, Jadi Area Esport Jateng

Minggu, 25 September 2022 | 17:17 WIB
X