Kades Kurung Meninggal Dunia, Pengisian Perdes Kurung Ditunda?

- Rabu, 10 Agustus 2022 | 06:24 WIB
Bupati Klaten Sri Mulyani. (SMS/dok)
Bupati Klaten Sri Mulyani. (SMS/dok)

KLATEN, suaramerdeka-solo.com – Pada aturan pengisian perangkat desa, ada syarat Kades harus menyaksikan proses seleksi dan melantik perangkat desa terpilih. Hal itu menyebabkan pengisian perangkat Desa Kurung, Kecamatan Ceper, Klaten terancam ditunda.

Sebab, Kades Kurung, Kecamatan Ceper meninggal dunia, beberapa waktu lalu. Padahal pemilihan kades baru akan digelar 2023 mendatang. Sedangkan, pejabat yang melantik perangkat desa terpilih harus kades definitif, bukan Plt atau Pj.

Dengan demikian, syarat dalam Peraturan Bupati Nomor 30 Tahun 2022 tentang pedoman dan tata cara pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa, tidak bisa terpenuhi karena kades berhalangan tetap atau meninggal.

Baca Juga: Kabar Duka, Kades Gladagsari Meninggal Dunia

Bupati Sri Mulyani mengatakan telah menugaskan Pj Sekda dan Asisten 1 untuk mengkaji kasus di Desa Kurung, Ceper dari segi aturannya. Apakah proses pengisian perangkat desa tetap bisa dilaksanakan atau harus ditunda sampai ada kades definitif.

‘’Kalau dilihat dari segi aturannya, tampaknya, mohon maaf, terpaksa pengisian perangkat desa tidak bisa dilanjutkan. Karena sesuai Perda yang melantik harus kades definitif. Padahal pilkades baru akan digelar 2023,’’ ujar Bupati Sri Mulyani, Selasa (9/8/2022).

Dalam waktu dekat, akan diangkat Pj Kades, entah dari ASN atau sekretaris desa. Namun, Pj kades tidak bisa melantik perangkat desa terpilih.

Baca Juga: Diduga Menjadi Anggota Parpoi, Kades Petung Diberi Sanksi

Asisten 1 Sekda Klaten, Joko Purwanto menyatakan akan melakukan kajian dari segi aturan tentang pengisian perangkat desa di Desa Kurung.

‘’Di Desa Kurung, Kecamatan Ceper ada 41 pelamar perangkat desa, terdiri atas 17 pelamar Kaur Umum dan perencanaan dan 24 pelamar kasi pemerintahan. Akan dilanjutkan atau tidak, akan segera dikaji,’’ tegas Joko Purwanto.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Yaspim Klaten Gelar Aksi 'September Ceria 2022'

Senin, 26 September 2022 | 21:37 WIB

Total DBHCHT Klaten Tahun 2022 Mencapai Rp 23,139 Miliar

Jumat, 23 September 2022 | 14:37 WIB

PDAM Tirta Merapi Klaten Akan Menjadi Perumda Air Minum

Kamis, 22 September 2022 | 10:47 WIB

Ganjar Canangkan 38 Desa Bersih Narkoba di Klaten

Senin, 19 September 2022 | 19:42 WIB
X